Tahun 2018, Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Pelajar Meningkat 100 Persen

oleh

SANGGAU – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sanggau menggelar rapat koordinasi antar pemangku kepentingan tingkat Kabupaten Sanggau dengan Dinas/instansi terkait yang di gelar di aula Hotel Grand Narita Sanggau, Kamis (14/02/19).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala BNNK Sanggau, AKBP Ngatya didampingi Kasi Rehabilitasi BNNK Sanggau, Hery Ariandi SKM. Hadir juga dari Kejari Sanggau, Dinsos, P3AKB Sanggau, Polres Sanggau, Rutan Klas II B Sanggau, Dinkes Sanggau, Kesbangpol Linmas Sanggau, Disdikbud Sanggau, Satpol PP Sanggau, Polsek Kapuas, Kepala BPOM Sanggau, Disporapar Sanggau, BKPSDM Sanggau, DPM Pemdes Sanggau, Dishub Sanggau dan Disdikbud Sanggau.

Kasi Rehabilitasi BNNK Sanggau, Hery Ariandi SKM menyampaikan, data BNN yang terbaru menyatakan dari 100 persen data pecandu, pemakai, penyalahgunaan narkoba yang ada di Indonesia, ternyata 24 persen nya adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Sedangkan untuk wilayah kerja BNNK Sanggau, data tahun 2017 terdapat tiga orang penyalahgunaan yang berstatus pelajar. Dan untuk tahun 2018 terdapat enam orang penyalahgunaan yang berstatus pelajar.

“Ini artinya, terdapat peningkatan 100 persen untuk penyalahgunaan narkotika dalam kategori pelajar. Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak,” ungkapnya.

“Terutama instansi pemerintah terkait untuk bersama-sama menekan angka penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar yang ada di wilayah Kabupaten Sanggau,” tambahnya.

Melalui rapat koordinasi ini, lanjut Hery, diharapkan BNNK Sanggau dan instansi terkait dapat bersinergi dalam kegiatan-kegiatan yang tujuan akhirnya adalah menekan peredaran dan penyalahgunaan narkotika/narkoba dikalangan pelajar.

“Dengan adanya rapat koordinasi ini, diharapkan adanya kepedulian dan perhatian bersama instansi pemerintah terkait terhadap anak dalam memperoleh perlindungan khusus dari Pemerintah, Pemda, lembaga negara lainya dalam hal penyelamatan generasi muda dari penyalahgunaan narkotika,” harapnya. (indra)