Plh Bupati Sanggau Hadiri Tanam Perdana Cetak Sawah

oleh

SANGGAU – Plh Bupati Sanggau, AL Leysandri melakukan tanam perdana padi seluas 27 hektar di Dusun Sengkuang Desa Sei Muntik Kecamatan Kapuas, Rabu (13/02/19).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Sanggau, H John Hendri, Kapolres Sanggau, AKBP. Imam Riyadi, Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kapten. Agus Mulyana, Kepala BPS Sanggau, Alifius, Staff Ahli Bupati Sanggau Ignatius Iranto, Camat Kapuas Alipius beserta aparat Desa setempat.

Plh Bupati Sanggau, Al Leysandri mengaku bersyukur bisa hadir tanam perdana di Dusun Sengkuang Desa Sei Muntik.

Pada kesempatan itu, Plh mengimbau kepada pihak perusahaan di Desa Sei Muntik agar bisa memberikan bantuan kepada masyarakat seperti benih padi unggul, pupuk dan bahkan cetak sawahnya sehingga masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan ketersediaan lumbung pangan di Kabupaten Sanggau serta untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini perlu kerjasama semua pihak untuk bisa mewujudkan apa yang kita inginkan untuk Kabupaten Sanggau maju dan terdepan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Hangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, H. John Hendri menyampaikan dari kuota 500 hektar cetak sawah Kalbar tahun 2018, Kabupaten Sanggau mendapat alokasi yang cukup besar yakni 200 hektar. Untuk tanam padi di Dusun Sengkuang Desa Sei Muntik ini, Dinas Hangpang Hortikan Sanggau memberikan  saprodi berupa benih padi unggul, pupuk dan alat-alat pertanian kepada masyarakat.

John Hendri berharap, untuk masyarakat yang sudah mempunyai sawah atau ladang untuk bisa terus bertaman, karena semakin sering bertanam maka tanah akan semakin subur.

“Semoga Desa Sungai Muntik bisa menjadi lumbung pangan untuk Kecamatan Kapuas dan pada umumnya untuk Kabupaten Sanggau,” harapnya. (indra)