Terdakwa Narkotika di PN Sanggau Divonis Bebas

oleh

SANGGAU – Vonis bebas yang diputuskan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sanggau kepada satu dari empat terdakwa 5 Kg Sabu memantik kekecewaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau.

Kejaksaanpun berencana akan menempuh upaya hukum terkait putusan bebas tersebut majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) yang dibacakan beberapa hari lalu.

Dikonfirmasi wartawan, Jumat (07/12/18), Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Iman Khilman menuturkan, usai pembacaan putusan tersebut, JPU masih pikir-pikir dan akan menentukan langkah sesuai waktu yang diberikan oleh majelis hakim.

Khilman menjelaskan, bahwa pihaknya memang telah menerima petikan putusan namun masih menunggu salinan putusan bebas atas nama Jan Wenderlinson Saragih yang divonis bebas tersebut. Melalui salinan itu, nantinya akan dipelajari lebih dahulu sebelum mengambil sikap dan menentukan upaya hukum apa yang akan dilakukan berikutnya.

“Petikan putusannya sudah. Salinannya (Putusan) yang belum. Kami masih menunggu itu (Salinan) untuk selanjutnya mempelajarinya dan menentukan upaya hukum selanjutnya,” ujar dia.

Khilmat menerangkan, perkara narkotika 5 kilogram tersebut berhasil menetapkan empat terdakwa masing-masing atas nama Darmansyah Alias Tejo, Muhammad Mikraj alias Ran, Gajan Terniat dan Jan Wenderlinson Saragih.

Terdakwa Darmansyah divonis 20 tahun, sedangkan Muhammad Mikraj dan Gajan Terbiat divonis 17 tahun. Sementara Jan Wenderlison Saragih divonis bebas.

“Khusus Jan (Wenderlison Saragih) divonis bebas. Dia (Jan Wenderlison Saragih) sebelumnya dituntut 7 tahun oleh JPU. Sedangkan 3 terdakwa lainnya masing-masing divonis 20 dan 17 tahun,” bebernya.

Terpisah, Humas PN Sanggau, Albanus Asnanto membenarkan adanya putusan bebas atas nama Jan Wenderlinson tersebut terkait perkara narkotika 5 kilogram yang vonisnya dibacakan pada sidang beberapa hari lalu.

“Terkait putusan terdakwa atas nama Jan Wanderlison Saragih ini terjadi Dissenting Opinion. Itu yang bisa saya sampaikan,” terang dia. (indra)