Ontot Buka Seminar Rancangan Teknokratik

oleh

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot membuka secara resmi Seminar rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sanggau tahun 2019-2024 yang dilaksanakan dilantai I Kantor Bupati Sanggau, Kamis (06/12/18).

Hadir dalam seminar yang digagas Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Sanggau tersebut, Kepala BAPPEDA Sanggau Kukuh Triyatmaka, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan BAPPEDA Provinsi Kalbar, Buruh Paryono, pimpinan instansi vertikal, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sanggau, pimpinan BUMN/BUMD, tokoh agama, tokoh, adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM dan organisasi wanita, PKK.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan seminar ini bertujuan untuk merencanakan program kerja Pemerintah Daerah lima tahun mendatang. Perencanaan inipun harus melibatkan seluruh elemen masyarakat sebagai bentuk partisipasi masyarakat.

Perencanaan pembangunan daerah yang berorientasi kepada proses pendekatan teknokratik, partisipatik, politis serta top down dan botoum up.

Pendekatan teknokratik dilakukan dengan metode dan kerangka berfikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah. Pendekatan partisipatif dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Pendekatan politis fokusnya pada program yang ditawarkan calon kepala daerah terpilih pada saat kampanye yang disusun ke dalam RPJMD dan melalui pendekatan botoum up dan top down.

“Hasilnya diselaraskan melalui Musrenbang mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Provinsi dan Nasional sehingga tercipta singkronisasi dan sinergi pencapaian sasaran RPJMN dan RPJMD,” kata Ontot.

Ada dua narasumber yang akan memberikan materi dalam acara tersebut yakni dari BAPPEDA Provinsi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan BAPPEDA Provinsi Kalbar, Buruh Paryono, yang akan menyampaikam materi tentang singkonisasi kebijakan nasional dan daerah dan Kepala BAPPEDA Sanggau, Kukuh Triyatmaka. (indra)