Bawa Barang Ilegal, 25 WNI Yang Diamankan Tentara Malaysia Dibebaskan Yonif 511/DY

oleh

SANGGAU – Sebanyak 25 WNI yang diamankan Tentara Darat Malaysia (TDM) Pos Tebedu, Serian wilayah Sarawak berhasil dibebaskan oleh Satgas Pamtas Yonif 511/DY. Puluhan WNI itu ditangkap TDM, Senin (19/11/18) siang karena kedapatan mengeluarkan barang-barang ilegal dari Malaysia melalui jalur tikus untuk diselundupkan ke Entikong.

Pasi Intel Satgas Pamtas Yonif 511/DY, Kapten Inf. Royhan Asshiddiky kepada wartawan membenarkan hal tersebut.

“Tadi siang sekitar pukul 11.40 Wib anggota mendengar ada keributan di dekat patok batas negara D126. Setelah dilihat ke sana ternyata ada satu tim TDM yang mengamankan 25 WNI karena infonya mereka ini mengeluarkan barang secara ilegal dari Malaysia,” kata Kapten Inf. Royhan Asshiddiky.

Masih kata Royhan, setelah dilakukan pengecekan bersama oleh anggota Satgas Pamtas dan TDM ditemukan 30 karung barang ilegal yang berisi ikan, sosis, daging serta bahan pangan lainnya yang dibawa oleh para WNI ini. Pihak TDM, menurut Royhan, siang tadi akan membawa puluhan WNI tersebut untuk diproses lebih lanjut ke Polisi dan Bea Cukai Malaysia.

“Karena ini terkait warga negara kita, kami melakukan negosiasi dengan pihak TDM supaya para WNI ini tidak diproses lebih lanjut dan ditahan disana. Akhirnya disepakati, WNI-nya diserahkan ke Satgas Pamtas namun barang bukti tetap ditahan oleh TDM,” ujarnya.

Royhan menambahkan, usai ditahan para WNI tersebut sudah dipulangkan.

“Pukul 14.00 WIB tadi ke 25 WNI yang sempat diamankan oleh TDM di dekat patok D126 sudah dipulangkan. Kami harap ini kejadian terakhir warga kita ditangkap otoritas negara tetangga karena membawa barang ilegal dijalur tidak resmi,” tuturnya. (indra)