FKMK Tolak Deklarasi #Ganti Presiden 2019

oleh
Demo tolak #Ganti Presiden di bundaran digulis Untan. Foto : Arief

PONTIANAK – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Kebhinekaan Masyarakat Kalbar (FKMK), menggelar aksi damai dan mimbar bebas, di Bundaran Tugu Digulis Universitas  Tanjungpura, Pontianak, Sabtu (25/08/18) sekitar pukul 16.05 WIB.

Korlap aksi, Abdul Hakim mengatakan, bahwa Hastag Gerakan 2019 Ganti Presiden merupakan gerakan inkonsistisional, karena mencuri Start kampanye. Sudah jelas KPU telah menetapkan bahwa ada 2 calon Presiden yang sah. Gerakan 2019 Ganti Presiden telah memojokkan salah satu kandidat.

“Itu bukan lagi gerakan moral, tetapi sudah merupakan gerakan politik yang mengarah kepada merongrong pemerintahan yang syah,” tegasnya.

Menurutnya, gerakan tersebut adalah gerakan terselubung, dan sangat bertentangan dengan nilai-nilai Kebhinekaan.

“Seperti yang disuarakan oleh Mardani Ali Sera yang merupakan Kader PKS.  Jelas ada narasi perang dan cenderung memojokan salah satu Cawapres,” teriaknya.

Negara Indonesia menjunjung tinggi hukum, apalagi belum masuk masa kampanye. Jelas gerakan tersebut ilegal dan dapat menimbulkan perpecahan ditengah-tengah masyarakat, terutama masyarakat Kalbar yang majemuk.

“Sore ini FKMK menyerukan dalam pernyataan sikap yang intinya Menolak Deklarasi #2019 Ganti Presiden, agar pihak Kepolisian segera menangkap para pelaku ujaran kebencian, dan agar KPU dan Keluarga Bawaslu mengambil tindakan tegas terhadap gerakan 2019 Ganti Presiden karena tidak sesuai dengan jadwal kampanye,” kata mahasiswa FE Untan tersebut. (Arief)