DPRD Barut Tuding PT. Padaidi Ingkar Janji

oleh

MUARA TEWEH – Beberapa hari lalu, terjadi konflik antara Perusahaan Pertambangan batu bara PT. Padaidi yang beroperasi di wilayah Desa Papar Pujung, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara, dengan warga sekitar.

Jalan huoling menuju perusahaan sempat ditutup warga, tapi saat ini sudah dibuka oleh perusahaan pertambangan batu bara tersebut.

Selain permasalahan lahan yang belum tuntas, juga masalah reklamasi yang belum dilakukan, serta tudingan DPRD setempat lantaran perusahaan telah ingkar janji kepada masyarakat.

“Pada intinya perusahaan ingkar janji dengan lembaga DPRD Barut, hasil RDP antara DPRD dengan PT. Padaidi, PT. Victor, Pemda serta masyarakat yang mewakili hak atas tanah,” kata Ketua Komisi III DPRD Barut, Tajeri, Kamis (07/06/18).

Menurut Tajeri, kesimpulan yang telah disepakati kemarin salah satunya adalah, kedua belah pihak sepakat untuk menyerahkan SKT atau sejenisnya, di copy dan dilegalisir pihak yang berwenang kemudian diserahkan ke DPRD Barut paling lambat tanggal 7 Mei 2018.

Menurutnya, masyarakat sudah menyerahkan ke DPRD, sementara pihak perusahaan sampai sekarang tidak ada menyerahkan berkas dimaksud.

“Nah ini jadi pertanyaan kami selaku wakil rakyat, ada apa dengan perusahaan. Ini kan itekad baik dari perusahaan perlu dipertanyakan, kami DPRD lembaga negara saja dilecehkan.apalagi masyarakat kecil yang sebagian belum mengerti aturan,” kata Tajeri.  (Bani)