Tradisi Pasar Wadai Sambut Ramadhan

oleh

MUARA TEWEH – Pertengahan bulan Mei 2018, umat Islam kembali menyambut Ramadhan, bagi warga Muara Teweh dan sekitarnya bulan puasa tak bisa dipisahkan dari tradisi Pasar Wadai.

Dalam setiap tahun, pasar ramadhan telah diadakan dengan tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah.

Rabu (09/05/18), di ruang rapat lantai 1 Setda, dibahas lokasi penempatan pasar Wadai. Dari sejumlah pilihan, Pemerintah Daerah memutuskan untuk kembali pada lokasi lama, yakni di jalan Panglima Batur persis di WFC.

“Pertimbangan banyak dari arus lalu lintas, ketersediaan area parkir, dan keluwesan penempatan lapak, serta WFC adalah Icon kabupaten Barito Utara yang letaknya di pinggiran sungai barito,” kata Kepala Dinas Perdagangan Barito Utara, H. Hajranoor, yang memimpin langsung rapat tersebut.

Pasar Wadai sempat berpindah -pindah dari jalan Tumenggung Soerapati  depan SMAN 1 MTW dan jalan Sengaji Hulu lapangan Hijau, namun Hajranoor memastikan tidak mungkin alasannya lapangan hijau becek, apabila hujan dan depan SMAN 1 MTW akan menghambat arus lalu lintas.

Untuk tanggal pelaksanaan pasar Wadai masih dalam proses dan akan rapat kembali serta menunggu informasi dari pusat, untuk awal/ hari pertama puasa Ramadhan 1439 H / Tahun 2018 M dan direncanakan pasar Wadai akan mulai dibuka pada 1 Ramadhan 1439 H.

Dalam rapat ini juga dihadiri oleh FKPD diwakili oleh pihak kepolisian, Perbankan, Dunia usaha  Dealer Yamaha, Suzuki, Honda dan Telkomsel  PLN, Instansi Dinas terkait. (bani)