Pemkab Kapuas Tingkatkan Kemampuan Kompetensi Guru PAUD Melalui Diklat

oleh

KUALA KAPUAS – Upaya meningkatkan kemampuan kompetensi, pengetahuan, keterampilan dan wawasan profesionalisme tenaga pendidik PAUD, penilik PAUD dan DIKMAS di Kabupaten Kapuas dilakukan dengan dilaksanakannya pendidikan dan pelatihan (diklat), Selasa (08/05/18).

Diklat berjenjang tingkat dasar bagi tenaga pendidik dan kependidikan PAUD dan Dikmas yang dilaksanakan di aula gedung Masjid Al-Mukarram Komplek Islamic Center Jalan Tambung Bungai Kuala Kapuas saat itu dibuka oleh Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan DIKMAS Dirjen Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Drs Ajang Surahman.

Kegiatan diklat ini sendiri digagas oleh Ikatan Penilik Indonesia (IPI), Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan balai pelatihan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat (BP PAUD dan DIKMAS) Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Ajang Surahman, mengatakan bahwa pentingnya membenahi pendidikan tingkat PAUD dan memperkuat karakter anak didik sejak usia dini agar mampu bersaing dengan daerah lainnya.

“Jangan kaget nanti banyak orang asing yang bekerja di Kapuas kalau kita tidak mempersiapkan tenaga pendidik untuk anak usia dini dengan maksimal,” katanya.

Karena pendidikan anak usia dini itu, terang Ajang, ibaratkan pondasi yang harus dibangun dengan kuat agar mampu menghadapi tantangan generasi kedepan yang lebih ketat persaingannya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas, Riduanto, menyampaikan ucapan terimakasih kepada IPI yang  menjadi motor penggerak terlaksananya kegiatan Diklat tersebut.

Ia berharap dengan terlaksananya diklat ini dapat meningkatkan kemampuan guru PAUD. “Terutama guru PAUD yang ada di daerah, semoga terus termotivasi agar meningkatkan kapasistas diri dan aktif dalam kegiatan diklat ini,” harap Riduanto. (irs)