Ribuan Peserta Ikuti Carnaval Budaya Isen Mulang di Kapuas

oleh

KUALA KAPUAS – Sebanyak 3.900 peserta dari 12 kabupaten dan 1 kota meramaikan pawai budaya dalam rangka Festival Budaya Isen Mulang memperingati Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke 61 di Kabupaten Kapuas, Rabu (02/05/18).

Kegiatan pawai budaya tersebut dilepas langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran yang dipusatkan di Jalan Patih Rumbih depan Rujab Wabup Kapuas. Dalam sambutannya, Sugianto, mengatakan, bahwa kekayaan lain yang terdapat di Kalimantan Tengah yaitu adalah budaya selain kekayaan sumber daya alamnya.

Pemerintah Provinsi akan memastikan dan menggali kekayaan tersebut menjadi komoditi andalan untuk penghasilan PAD dan APBD Provinsi Kalteng ke depannya.

“Untuk itu kami ingin menggali di sektor pariwisata, yang mana sektor tersebut ketika kami gali tidak akan merusak lingkungan, biayanya murah dan menyerap tenaga kerja yang sangat luar biasa,” ujar Sugianto.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Dr Guntur Talajan MPd menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pawai budaya adalah sebagai sarana komunikasi untuk membangun pemberdayaan dan sebagai pengakuan identitas budaya maupun kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Kalimantan Tengah khususnya dan kebudayaan Indonesia pada umumnya.

Selain itu juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan dan memperkokoh jati diri bangsa, martabat, menumbuhkan rasa kebangsaan, kebanggaan dan mempererat persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI.

“Termasuk juga sebagai promosi wisata dan meningkatkan jumlah wisatawan nusantara maupun mancanegara ke Kalimantan Tengah untuk kesejahteraan masyarakat,” jelas Guntur Talajan. (irs)