Naiknya Harga Pertalite, Mulai Dikeluhkan Warga Sekadau

oleh
Ilustrasi - BBM eceran

SEKADAU – Harga resmi BBM jenis pertalite sudah dinaikkan kembali sejak akhir Maret lalu. Untuk wilayah Kalbar, harga eceran tertinggi resmi di SPBU ditetapkan sebesar Rp 8.000 per liter.

Naiknya harga resmi BBM jenis Pertalite membuat harga eceran di kios-kios ikut naik, bahkan cenderung drastis. Sebagai contoh, di salah satu kios pengecer di kawasan terminal Lawang Kuari Sekadau, yang menjual BBM jenis Pertalite dengan harga RP10 ribu per liter. Harga jual pertalite yang naik tajam membuat konsumen kaget.

“Saya kaget waktu isi minyak (pertalite) di kios di terminal tadi. Saya isi dua liter. Pas tanya harga, dibilang 20 ribu, atau 10 ribu per liter,” ujar Anton, seorang warga Sekadau saat ditemui di salah satu warung kopi di Sekadau, Kamis (03/05/18).

Sementara Riki, warga Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu mengatakan, harga eceran pertalite di daerahnya juga sebesar Rp10 ribu per liternya. Meski harganya relatif tinggi, namun konsumen tak memiliki pilihan. Sebab, BBM jenis lain misalnya premium (bensin), sudah jarang dijual.

“Sama, disini juga biasanya Rp10 ribu per liter. Kok sama ya dengan di Sekadau,” kata Riki lewat pesan singkat. (sutarjo)