Partisipasi Kubu Raya di Ajang Inacraft 2018

oleh

KUBU RAYA – Wakil Presiden Jusuf Kalla    membuka pameran produk kerajinan internasional bertajuk Jakarta Internasional Handcraft Trade Fair (Inacraft 2018) di Jakarta Convension Center Assembly Hall Jakarta.

“Acara yang luar biasa ini sudah berlangsung 20 kali dan alhamdulilah saya mungkin sudah membuka 4 kali dan memang mengalami perkembangan yang baik,” kata Wapres saat memberikan sambutan dipembukaan Inacraft 2018.

Jusuf Kalla menilai penyelenggaraan inacraft penting bagi industri kerajinan tangan Indonesia untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

“Pastilah kerajinan ini disamping memberikan lapangan kerja yang begitu banyak khususnya didaerah pedesaan dan kota, juga memberikan dampak ekonomi yang baik,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menampilkan produk kerajinan akar keladi air, limbah kaca, lampu hias, batik mangrove tumuk putih, alat musik sape, akar kayu ramin, kendang, perisai, dan kopi kojal kubu Raya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya, Endang Indrawati yang memimpin pameran dan ikut menampilkan pameran kerajinan khas Kubu Raya menuturkan, Kubu Raya mengambil peran yang sangat strategis dalam kegiatan seperti itu. Mengingat Kubu Raya sebagai pintu masuk bagi Kalimantan Barat.

“Kita sebagai pintu masuk bagi Kalimantan Barat, perlu menampilkan produk-produk kerajinan kita. Untuk dikenal dan diminati oleh setiap pengunjung sebagai oleh-oleh dan cendera mata dari hasil olahan kerajinan masyarakat kita,” ujar Endang.

Dalam ajang tersebut, Kubu Raya juga mempromosikan batik tumuk putih dan iringan alat musik sape oleh Cristian Mara yang sekaligus pembuat alat musik sape.

“Alhamdulillah, pengunjung sangat antusias melihat stand kita, sebab kita tidak hanya menampilkan produk kerajinan, tetapi kita juga menyajikan kesenian Sape sebagai kekayaan budaya dan seni yang kita miliki,” terang Endang. (adi)