Bertemu Harry, Ini Harapan Penambang Sampan di Kampung Beting..

oleh
Calon Wali Kota Pontianak nomor urut 1, Harry Adryanto saat berdialog dengan penambang sampan dikawasan kampung Beting. Foto : Arief

PONTIANAK – Calon Wali Kota Pontianak nomor urut 1, Harry Adryanto menggelar kampanye dialogis di Kampung Beting, Kelurahan Kampung Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur, Sabtu (28/04/18).

Bersama tim pemenangannya, Harry Adryanto menyusuri permukiman padat penduduk yang berada dikawasan Kampung Beting.

Tampak sosok Harry Adryanto sudah dikenal oleh warga setempat, karena warga yang berada dikawasan tepian sungai kapuas ini, menyambut  baik kedatangan calon Wali Kota Pontianak yang memiliki program membangun industri pariwisata air dikawasan setempat.

Emdres Landuk, seorang warga setempat yang berprofesi sebagai penambang sampan mengatakan, selama ini dirinya bekerja dan berusaha dengan modal sendiri, dan sampan yang dibelinya, juga dengan jerih payah sendiri, sehingga tak terlalu banyak berharap bantuan dari Pemerintah Kota Pontianak.

“Sudah beberapa kali ganti Wali Kota kami hanya mendapatkan janji manis saja, dan bantuan juga belum pernah dapat,” ungkapnya.

Ia pun sudah bosan dengan janji muluk para calon Wali Kota, dan dirinya juga tidak mau berharap kepada yang muluk-muluk jika Harry  Adryanto terpilih menjadi Wali Kota Pontianak nantinya.

Emdres hanya berharap agar apabila terpilih menjadi Wali Kota Pontianak nantinya, Harry Adryanto dapat memberikan perhatian terhadap eksistensi penambang sampan di Kampung Beting, karena aktifitas penambang sampan sudah berlangsung turun temurun dan sudah menjadi ciri khas warga yang bermukim dikawasan tepian sungai kapuas.

“Saya sudah pernah mengutarakan keinginan kami, kepada Walikota sebelumnya, yaitu tentang pembangunan dermaga khusus, untuk turun naik penumpang, namun selalu dipandang sebelah mata oleh pemerintah,” ujarnya.

Ia berharap kepada Harry Adryanto, jika terpilih  nanti, bisa mewujudkan impiannya, dengan membangun dermaga yang khusus untuk penambang sampan, karena Sampan merupakan salah satu daya tarik wisata  di Kota Pontianak.

“Permintaan Kami tidak muluk-muluk. Tujuan kami hanya ingin berpartisipasi memajukan wisata di Kota Pontianak,” terang Emdres.

Menanggapi hal tersebut, Harry Adryanto mengatakan, sejak awal sudah memiliki wacana akan menata kawasan pinggiran sungai kapuas agar lebih indah, dan aman bagi para wisatawan.

“Jika menjadi Wali Kota nanti, Saya akan menata pinggiran sungai kapuas Pontianak, sehingga dapat menjadi pusat wisata air khas Kota Pontianak yang bertaraf Internasional, dan itu merupakan program utama saya,” ujarnya.

Harry menambahkan, bahwa dirinya maju mencalonkan diri menjadi Wali Kota Pontianak adalah merupakan amanah yang mesti dijalankan, bukan karena ambisi semata.

“Apabila ada masyarakat yang menjatuhkan pilihan terhadap saya, adalah murni hati nurani dari masyarakat untuk memilih saya,” ujarnya.  (Arief)