Dua Kapal Nelayan Vietnam Ditangkap Hiu Macan

oleh

KUBU RAYA – Dua kapal ikan milik nelayan asing berbendera Vietnam ditangkap petugas kapal patroli Hiu Macan milik Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak di perairan laut Natuna Utara, Indonesian pada 23 april 2018.

Selain mengamankan dua kapal asing tersebut, petugas juga mengamankan 21 anak buah kapal (ABK) termasuk nahkoda kapal.

Saat ini, dua kapal asing berbendera Vietnam yang masing – masing bernomor lambung, KM BV 99277 TS dan KM BV 7222 TS sudah bersandara di dermaga milik Stasiun PSDKP Pontianak, Jumat (27/04/18).

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Stasiun PSDKP Pontianak, Muhammad Erwin mengatakan, kedua kapal tersebut tertangkap oleh kapal pengawas Hiu satu, Ditjen PSDKP Pontianak saat sedang melakukan kegiatan pencurian ikan dengan menggunakan alat tangkap trawl di wilayah perairan Natuna Utara Indonesia, tanpa izin dari Pemerintah Indonesia

Tidak hanya dua kapal berbendera Vietnam, lanjut Erwin, petugas juga mengamankan 21 ABK beserta nahkoda yang saat penangkapan berada di atas kapal.

“Saat itu kapal pengawasan Hiu satu sedang melakukan patroli di wilayah tersebut dan mendeteksi adanya dua buah kapal yang sedang mencuri ikan, sehingga petugas langsung mengamankan ketiga kapal beserta ABKnya,” ungkap Erwin di Kantor PSDKP Pontianak, Jumat sore (27/04/18).

Sementara Kapten Kapal Hiu Macan satu, Samson mengatakan, saat ditangkap tidak ada perlawanan dari nahkoda maupun ABK pada 23 April 2018 lalu.

“Mereka kemudian digiring menuju dermaga PSDKP Pontianak, sambil menunggu persidangan dan di deportasi ke negara asalnya,

Saat ini dua kapal berbendera asing tersebut sudah berada di dermaga PSDKP Pontianak, Kalimantan Barat.

Sementara 21 ABK termasuk nahkoda masih dilakukan pemeriksaan, lantaran terbukti melanggar pasal 92, junto pasal 26, ayat 1 dan pasal 93 ayat 2 junto pasal 27 ayat 2 pasal 85 junto pasal 9 uu ri nomor 45 tahun 2009 tentang perubahan uu ri nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan. (uun)