Polresta Pontianak Patroli Siang Malam

oleh

PONTIANAK – Angka tindak pidana 4C (curat, Curas, Curbis dan Curanmor) menjadi momok bagi seluruh Polres dan Polresta. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polresta Pontianak Kota menggiatkan patroli rutin dan patroli yang bersinggungan dengan Polsek Polsek yang ada di wilayah hukum Polresta Pontianak Kota.

“Patroli rutin tersebut, dilakukan pada tempat tempat yang dianggap rawan dengan tindak pidana pencurian dan tindak pidana kekerasan, termasuk partroli rutin diwilayah yang dianggap aman,” ujar Kabag Ops Polresta Pontianak Kota, Kompol Albert Manurung kepada wartawan, Kamis (26/04/18).

Patroli yang dilakukan, baik siang maupun malam tersebut, gunanya untuk mencegah niat pelaku untuk melakukan aksi kejahatannya.

“Termasuk melakukan patroli rutin bersama anggota Koramil Pontianak Timur,” tuturnya.

Karena menjaga kamtibmas, bukan hanya tugas kepolisian. Dalam patroli tersebut, juga diadakan dialog bersama masyarakat.

Lanjutnya lagi, apabila ada pelaku 4C tertangkap warga, maka akan dilakukan pengembangan lebih lanjut, untuk mencari TKP lainnya juga apakah modusnya sama.

“Apabila ada pelaku yang tertangkap tangan, sebaiknya warga segera melapor pada pihak kepolisian. Karena disetiap pos pol ada anggota polisi dan polsek buka 24 jam,” imbuhnya.

Kejahatan, tidak memandang laki laki atau perempuan. Namun kebanyakan yang menjadi sasaran tindak pidana kejahatan tersebut adalah kaum wanita.

Pesan dia, sebaiknya jangan mengundang orang untuk berbuat jahat, dengan memakai perhiasan berlebihan ditempat ramai dan dijalanan, apalagi saat berkendaraan roda dua sambil memegang handphone.

“Nantinya kita sendiri yang akan menjadi korban, karena timbul niat dari orang yang melihat kita sambil memegang atau memakai perhiasan,” pungkasnya. (jon)