Pelaku Pencurian di 7 TKP Berbeda Ditembak Polisi

oleh
Pelaku MK beserta barang bukti saat diamankan petugas di Mapolres Singkawang. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Jajaran Satuan Reskrim Polres Singkawang berhasil mengamankan pelaku pencurian di Jalan Badak Putih, Kecamatan Pangkat, Kabupaten Sambas berinisial MK warga Jalan Badak Putih, Kecamatan Pemangkat.

Karena akan melarikan diri dengan saat hendak ditangkap, tersangka MK dengan terpaksa, akhirnya ditembak secara terukur tepat mengenai kakinya.

Pengungkapan kasus ini, berdasarkan laporan korban Surianro, yang mengaku smartphone miliknya telah diambil oleh tersangka MK.

“Dimana pada saat itu, pelaku datang ke tempat korban bekerja, dan berpura-pura bertanya Ikan hias yang mau dijual korban disalah satu salon di Jalan Padang Pasir, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan,” ujar Kasat Reskrim Polres Singkawang AKP Michael Terry Hendrata, SH, SIK.

Bukannya hendak membeli ikan hias, lanjutnya, pelaku malah mengambil smarphone milik korban yang disimpan di dalam etalase salon.

“Usai mengambil smartphone, pelaku langsung kabur dengan alasan menyuruh anaknya langsung memilih ikan hias tersebut,” katanya.

Berdasarkan Laporan itu, Selasa (24/04/18) kemarin, unit buser Reskrim Polres Singkawang melakukan serangkaian penyelidikan terkait peristiwa pencurian tersebut.

“Berdasarkan keterangan tersebut tim Buser mendapatkan informasi orang yang diduga pelaku sedang berada di Jalan Badak Putih, Kecamatan pemangkat,” ujarnya.

Selanjutnya setelah mendapatkan informasi tersebut, lanjut AKP. Michael Terry Hendrata, anggota unit buser langsung menuju ke Pemangkat.

“Anggota unit buser yang di back up anggota unit reskrim Polsek Pemangkat berhasil mengamankan pelaku MK, yang pada saat diamankan sedang berada dirumahnya,” katanya.

Setelah dilakukan introgasi, pelaku mengakui perbuatannya, yang telah melakukan pencurian di Jalan Padang Pasir dan pelaku juga mengakui bahwa telah melakukan pencurian di 7 TKP lainnya di Kota Singkawang.

“Saat hendak menunjukan barang bukti hasil curiannya. Pelaku MK berusaha kabur, dan terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dibagian kaki,” ujarnya.

Hingga kini tersangka MK beserta barang bukti 1 unit smarphone merk OPPO F1s Type A1601, warna gold, dan sepeda motor Honda Vario 150cc warna hitam telah diamankan di Mapolres Singkawang guna penyelidikan lebih lanjut. (mizar)