Sekadau Berlakukan Sistem Pembayaran Non Tunai

oleh

SEKADAU – Pola pencairan keuangan daerah di lingkungan Pemkab Sekadau sudah menggunakan sistem non tunai. Artinya, semua jenis pencairan sudah melalui rekening, baik pribadi maupun badan usaha. Tidak ada lagi pembayaran secara tunai (cash).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar menjelaskan, sistem non tunai mulai diberlakukan pada tahun 2018 ini.

“Semua masuk ke rekening masing-masing. Untuk belanja pihak ketiga, ya langsung rekening mereka juga,” ujar Zakaria, Selasa (24/04/18) di kantornya.

Sekda mencontohkan, misalnya ada kegiatan perjalanan dinas luar daerah ASN, transportasi hingga akomodasi pejabat yang berdinas tersebut, semuanya diurus oleh bendahara dengan kontak langsung ke pihak penyedia jasa transportasi.

“Misalnya tiket pesawat, langsung dibayar ke maskapainya. Begitu pula dengan penginapan atau hotel. Biaya menginap akan langsung ditransfer ke rekening hotel bersangkutan. Untuk uang saku akan ditransfer ke rekening pejabat yang berdinas,” terang Sekda.

Menurut Sekda, sistem non tunai cukup memudahkan pejabat yang hendak berdinas keluar, mereka tidak lagi harus sibuk mengurusi tiket, penginapan, dan lain-lainnya. Mereka bisa lebih fokus menjalankan tugas yang sedang mereka ikuti.

“Jika ada undangan kegiatan, tinggal surat tugas ke pimpinan, kemudian bendahara yang akan mengurus perjalanan dan lain-lain, jadi tidak perlu repot lagi,” katanya

Kecuali kata dia lagi, untuk biaya transportasi dari Sekadau – Pontianak akan ditransfer ke rekening pejabat yang berjalan. Karena, kita tidak bisa menentukan akan mengisi bahan bakar dimana,” terang Zakaria. (sutarjo)