Sanggau Akan Gelar Festival Durian

oleh

SANGGAU – Sebagai salah satu Kabupaten sentra durian terbaik di Indonesia, Kabupaten Sanggau terus berupaya mempopulerkan durian lokal.

Bahkan, beberapa waktu lalu, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Hangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau sempat mengirim durian terbaik mereka ke istana negara.

Kadis Hangpang Hortikan Sanggau, H. John Hendri mengatakan, sentra durian di Kabupaten Sanggau terdapat di Kecamatan Batang Tarang, Entikong, Sekayam, Beduai dan Kembayan. Mengingat saat ini pohon durian yang ada sudah mulai ‘pecah bunga’, diprediksi paling lambat Agustus nanti baru akan panen raya.

“Dengan adanya hujan ini sekarang sudah  ‘pecah bunga’. Kalau sudah pecah bunga berarti kan butuh waktu 100 hari atau tiga bula lebih, sampai ke buah masak. Perkiraan saya akhir Juli atau awal Agustus akan panen raya,” kata John Hendri kepada wartawan belum lama ini.

Untuk lebih mempopulerkan lezatnya durian Kabupaten Sanggau, Dishangpang Hortikan Sanggau berencana menggelar kontes durian. Setiap daerah atau kecamatan diminta membawa durian unggulan mereka untuk dilombakan.

“Dengan kriteria masing-masing. Ada juri dari Jakarta, dan akan mengundang dari Kementerian Pertanian, termasuk para pecinta durian dari Papua maupun Palembang,” tutur dia.

Pada kesempatan itu, John menantang pecinta durian untuk memgikuti komtes tersebut.

“Silakan, para pecinta, para pemilik pohon untuk berpartisipasi, inilah kesempatan kita memperkenalkan durian kita,” ujar dia. (indra)