PDAM Minta Pelayanan Publik Jangan Dijadikan Alat Politik

oleh
PDAM Muara Teweh. Foto : Bani

MUARA TEWEH –  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) merupakan aset daerah, dan dalam pengelolaannya harus transparan,   bahkan kenaikan tarif  PDAM harus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

Direktur PDAM Barito Utara,  Agus Surjanto, Minggu (15/04/18) mengatakan, pada tahun 2015 – 2016 Pemerintah Daerah turun tangan dengan penyertaan modal.  Hal ini,  juga telah disetujui oleh DPRD.

Dengan disetujuinya penyertaan modal, maka akan dibuat payung hukum,  atau peraturan Bupati. Atas dasar itu pula,  maka PDAM dapat berjalan sampai sekarang.

Adanya penyertaan modal ini, karena sebelumnya PDAM telah mengalami kerugian. Kemudian PDAM bersama tim indipenden melakukan audit, dan hasilnya menyebutkan kalau tarif yang ada sudah tidak sesuai.

Kemudian, kata Agus Surjanto, atas dasar itu pula harga dinaikan menjadi Rp 5.110 permeter kubik. Angka kenaikan ini juga telah dihitung oleh tim indipenden berdasarkan kebutuhan.

“Tarif yang diberlakukan juga harus berdasarkan kebutuhan, dan dalam kenaikan harga, juga telah memperhitungkan agar masyarakat tidak terbebani,” katanya.

Ditegaskannya,  untuk tarif, PDAM Barito Utara lebih murah bila dibandingkan dengan beberapa kabupaten lain di Kalteng, sehingga masyarakat dapat menikmati sarana air bersih dengan mengeluarkan biaya yang murah.

Dijelaskannya, adanya kenaikan ini, yang sebelumnya PDAM mengalami kerugian Rp 8 miliar, maka pada tahun 2017 menyusut menjadi Rp 5 miliar.

Terkait dengan kenaikan tarif, PDAM juga telah meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Hal ini,  juga harus disesuaikan,  bila tarif naik harus dibarengi dengan pelayanan termasuk adanya keluhan di tengah masyarakat selalu ditangani.

Agus Surjanto juga meminta kepada masyarakat, agar PDAM  yang notabene untuk melayani masyarakat,  justru Dijadikan alat politik, karenanya, masyarakat diminta memahami masalah pelayanan. Sebab PDAM berkomitmen memberikan yang terbaik untuk seluruh warga Barito Utara.

“Apalagi dengan adanya kenaikan ini,  masyarakat tidak ada konplain. Karena kita terus Memberikan layanan yang terbaik buat pelanggan,” pungkasnya. (Bani)