Ini Sebelas Cara Mudah Merawat Laptop

oleh

JAKARTA – Merawat laptop berarti akan memperpanjang usia pemakaiannya, semakin sering sebuah laptop dirawat maka semakin lama kita bisa menggunakannya.

Perawatan laptop kadang membutuhkan biaya, namun jika kita bisa merawatnya sendiri kenapa tidak! Nah, berikut ini beberapa kiat-kiat atau cara merawat laptop yang bisa anda lakukan sendiri.

1.  Jauhkan cairan dari laptop anda.

Cairan yang dimaksud seperti air putih, kopi, atau teh dan minuman lainnya. Jika cairan tersebut mengenai komponen laptop dan biasanya adalah keyboard maka akan terjadi kerusakan yang fatal.

2. Gunakan antivirus untuk melindungi keamanan data dan file-file penting yang ada di komputer.

3. Jauhkan makanan dari laptop anda atau jangan makan apapun di dekat laptop anda, karena bisa saja remah-remah makanan yang anda makan jatuh di atas laptop atau disela-sela keyboard.

4. Selalu bersihkan tangan ketika akan menggunakan laptop, jangan biarkan tangan anda kotor atau berminyak saat menyentuh laptop atau menggunakan keyboard laptop.

5. Lindungi LCD atau layar laptop ketika anda telah mematikannya, pastikan tidak ada benda atau apapun yang dapat menyebabkan layar laptop tergores begitu anda menutupnya.

6. Ketika mengangkat komputer, sebaiknya angkat dan pegang alasnya, jangan sampai anda mengangkat laptop dengan memegang layar, karena bisa mengakibatkan gangguan atau engsel penghubung layar dan body laptop.

7. Jangan biarkan laptop anda dalam kondisi panas, artinya jangan biarkan terkena suhu panas dalam waktu lama.

8. Sebelum menggunakan komputer sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dari debu yang menempel. Jika perlu rajinlah membersihkan laptop anda dari debu agar tidak merusak komponen yang ada di dalam laptop.

9. Jangan simpan apapun diatas laptop, apalagi benda berat seperti buku misalnya.

10. Selalu bersihkan laptop menggunakan kuas yang lembut atau gunakan tissu untuk mebersihkan bagian layar.

11. Jangan pernah gunakan laptop di atas kasur atau tempat tidur, hal ini dapat menyebabkan panas tidak keluar dari laptop, melainkan tertinggal dan membuat kerusakan dalam jangka panjang pada laptop.

Banyak cara merawat laptop yang bisa anda gunakan, tapi yang terpenting jangan pernah memaksa kerja laptop atau menggunakannya dalam waktu yang lama, sehingga menjadi panas. Usahakan untuk memperlakukan laptop dengan baik dan benar. (1001 Tips)