Lima Hacker Indonesia yang Diakui Dunia

oleh

JAKARTA – Perkembangan teknologi yang sangat pesat akan menimbulkan berbagai penyalahgunaan.

Hal ini perlu diantisipasi dengan berbagai cara, terutama dengan menangkal penyalahgunaan tersebut.

Hacker Indonesia memang cukup terkenal hebat, tapi selalu kalah apabila dibandingkan dengan hacker kelas dunia dari negara besar. Tapi ternyata Indonesia memiliki hacker yang memiliki kemampuan luar biasa bahkan ditakuti oleh dunia. Berikut ulasannya :

1. Meski hanya lulusan SMA, Jim Geovedi tak boleh diremehkan kemampuannya. Bahkan satelit pun tak berkutik ketika diretasnya.

Jangan pernah memandang kemampuan seseorang hanya dari gelarnya saja. Meski cuma lulus SMA, Jim Geovedi sudah diakui dunia. Beberapa media ternama pun turut memperbincangkannya. Yakni, saat dia mampu merubah orbit satelit di angkasa.

Sempat khawatir tak kembali ke orbit semula, tapi dengan tangan dinginnya, satelit bisa kembali normal. Lewat kemahirannya inilah, Jim mulai diakui dunia. Bahkan dia pernah berkata, “Kalau saya diberi hak, maka saya akan kuasai seluruh jaringan internet di Indonesia.”

2. STEI memang tak pernah luput dari sumbangsih hacker profesional. Onno W Purbo pun jadi salah satu bukti nyatanya

Jurusan kuliah Teknik Elektro, memang menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia. Banyak lulusan STEI melahirkan karya-karya magis. Salah satu seniornya, Onno W Purbo pun turut menggemparkan dunia teknologi informasi di Indonesia maupun dunia.

Dikenal sebagai salah satu hacker paling beken, Onno W Purbo justru lebih memilih untuk menampakkan dirinya. Hadir di berbagai acara, hingga meluncurkan program untuk kebermanfaatan bersama. Salah satu karyanya ialah RT/RW-Net.

3. Tak melulu menjahili situs-situs yang ada di dunia maya, Pak Made justru bertarung demi keamanan situs Pemerintah.

Kalau hacker-hacker lain tak berada di pihak Pemerintah, kini ada Pak Made yang berada di kubu berbeda. Pak Made bertugas sebagai Cyber Paspampers Indonesia, yang dulu dipercaya mengamankan situs Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hingga kini, Pak Made masih disegani. Dan tahukah kamu, bahwa Pak Made adalah penggerak sistem Linux di Indonesia. Pak Made lah yang jadi pengembang Linux di tanah air. Sebagai informasi, Pak Made ialah lulusan Fisika Universitas Indonesia.

4. Mr. Dick, meski namanya agak unik, namun kemampuannya meretas situs keamanan dunia maya tak boleh ditampik.

Mr. Dick ialah salah satu hacker profesional dari Indonesia. Diketahui, dia berasal dari daerah Kalimantan.

Dia memiliki kemampuan meretas ribuan server dalam beberapa detik saja. Kemampuan ini tentu tak sembarangan, hanya segelintir yang memilikinya.

Hingga pada akhirnya, Mr. Dick diajak kerjasama oleh Microsoft dan Google untuk membantu mereka mengembangkan perangkat lunak yang akan dirilis. Tak cuma mengembangkan, Mr. Dick juga mempelajari dan menguatkan sistem pertahanannya.

5. Otodidak pun tak jadi masalah, selama tetap ada kajian ilmiah. Itulah yang dilakukan oleh Bio666x, hacker terkenal Indonesia.

Belajar otodidak dari Google, ialah yang dilakukan Yogi Nugraha alias Bio666x selama mempelajari soal hacking. Bertahun-tahun melakukan ujicoba, hingga pada akhirnya dia turut serta dalam penyerangan 1700 web dan blog Australia beberapa tahun yang lalu.

Selain Australia, Singapura dan Malaysia juga pernah jadi korbannya. Banyak data penting termasuk data-data militer Singapura yang berhasil diretas oleh Bio666x. Sedangkan Malaysia pernah dibuat khawatir saat jaringan internet mereka dimatikan oleh Bio666x.

Kelima hacker Indonesia tadi hanya segelintir yang terlihat. Masih banyak hacker-hacker lainnya yang terus membuat karya di dunia maya. (trentech)