Target Pendapatan BBI Kapuas Diturunkan

oleh

KUALA KAPUAS –  Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penjualan benih ikan di Balai Benih Ikan (BBI) Jalan Kalimantan Kuala Kapuas tahun ini turun, dari sebelumnya Rp 135 juta turun menjadi Rp 100 juta.

Diturunkannya target pendapatan tersebut lantaran pembelian bibit ikan mengalami penurunan. “Sudah kita evaluasi selama tiga tahun ini pembeliannya turun terus, tapi yang minta gratis banyak, rata-rata setiap tahun 200 ribu ekor,” kata Kepala Dinas Perikanan Kapuas, Darmawan, di Kuala Kapuas belum lama ini.

Diakui Darmawan bahwa target pendapatan sebelumnya Rp 135 juta tersebut terlalu tinggi. Pasalnya, jumlah orang yang membeli benih ikan di BBI tidak bisa diprediksi.

“Apalagi sekarang, benih ikan patin orang beli langsung dari Bogor karena kualitasnya memang berbeda dengan di tempat kita,” ujarnya.

Seperti diketahui Balai Benih Ikan milik Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas selama ini melayani pembelian berbagai jenis benih ikan seperti ikan patin, ikan nila, ikan lele, ikan gurami dan ikan betok/pepuyu.

“Yang paling banyak dibeli orang adalah benih ikan nila, karena kalau ikan patin agak kurang berhasil di tempat kita ini (Kapuas) karena masalah airnya. Jadi, yang banyak dibeli benih ikan nila, termasuk juga lele dan ikan gurami,” terang Darmawan. (irs)