Empat Cara Mengatasi Komputer yang Lambat

oleh

JAKARTA – Kondisi ini dapat dipengaruhi berbagai macam hal yang menyebabkan kinerja komputer menjadi sangat lambat, seperti misalnya virus atau terlalu banyak software dan game yang terpasang di komputer atau laptop.

Untuk mengatasi komputer yang lambat anda perlu memperhatikan beberapa langkah berikut untuk mengembalikan dan mempercepat kinerja komputer anda menjadi normal kembali.

1. Scan Virus, Sebaiknya langkah pertama yang anda lakukan adalah melakukan scan atau pemindaian terhadap komputer anda, bisa saja terdapat banyak virus yang mengganggu  kinerja komputer. Setelah itu bersihkan semua virus tersebut.

2. Hapus file, software, atau game yang tidak berguna. Beberapa orang gemar sekali menginstall apapun di komputernya sehingga mengakibatkan terjadinya beban berat terhadap komputer yang harus menampung semua file atau software ayng tidak penting tersebut.

3. Jalankan kompresi hard disk. (Istilah ini juga digunakan dengan laptop yang memiliki memori solid-state.) Browse hard drive Anda, klik kanan, pilih Properties, dan tekan “disk cleanup.” Ini akan memakan waktu hingga enam jam, tergantung pada usia komputer Anda dan jumlah file itu untuk kompres.

4. Restart komputer, ini akan sangat membantu terutama jika komputer bekerja terlalu lama dan mesin komputer atau laptop menjadi panas. (1001 Tips)