HUT Kapuas, Wagub dan Pjs Bupati Ikuti Ritual Ngarunya

oleh

KUALA KAPUAS – Pada peringatan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 212 dan HUT Pemkab Kapuas ke 67 tahun 2018 kemarin, Wakil Gubernur Kalteng, Habib Said Ismail bersama Pjs Bupati Kapuas, Ermal Subhan, mengikuti ritual ngarunya.

Ritual adat dayak balian ngarunya merupakan permohonan kepada Ranying Hatala Langit, berupa doa yang dipanjatkan oleh tetua adat setempat, bertujuan agar pemimpin daerah dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan arif dan bijaksana sehingga masyarakat dapat hidup makmur sejahtera.

Selain Wagub dan Pjs Bupati Kapuas, ritual adat yang rutin gelar setiap tahunnya usai upacara peringatan hari jadi Kota Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas ini juga diikuti Ketua DPRD Kapuas, Algrin Gasan, forkopimda dan sejumlah kepala Satuan Organiosasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkab Kapuas.

Selain ritual balian ngarunya, sebelumnya juga digelar ritual balian mamapas lewu yang merupakan ritual untuk pembersihan kampung atau daerah dari hal-hal buruk. Ritual seperti ini dilaksanakan setiap tahun menjelang peringatan hari jadi Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas. (irs)