Tiga Pengedar Narkoba Ditangkap di Singkawang Barat

oleh

SINGKAWANG – Polsek Singkawang Barat tidak henti-hentinya memberantas peredaran Narkoba di wilayah hukum mereka. Ini terbukti usai mengamankan 7 tersangka dalam beberapa hari di lokasi berbeda, jajaran Sat Reskrim Polsek Singkawang Barat kembali mengamankan 3 orang tersangka narkoba jenis Sabu berinisial ATU, AKET, dan ANEN di salah satu warung pemakaman manggis, Jalan P Natuna, Kecamatan Singkawang Barat.

Kapolsek Singkawang Barat, Kompol Bagio Erianto mengatakan, penangkapan tersebut berdasarkan laporan masyarakat, dimana salah satu warung di Jalan P Natuna di dekat pemakamn sering dilakukan transaksi Narkoba.

“Dari laporan tersebut, kita lakukan pengintaian dan penggeledaham terhadap ketiga tersangka,” ujarnya.

Dari penggeledahan tersebut, ditemukan beberapa barang bukti berupa 4 buah paket kecil nerisi Sabu, 3 kantong klip sisa pakai, 1 buah timbangan, 1 buah bong, 1 buah kaca bening, 1 buah gunting, dan 1 buah korek api.

“Tidak hanya itu, kita juga mengamankan 26 buah sedotan plastic, 41 buah plastic klip kosong dalam keadaan terpotong bagian atas,” ujarnya.

Saat ini, ketiga tersangka beserta barang bukti hingga kini masih diamankan di Mapolsek Singkawang Barat, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Ketiganya dikenakan Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 127 ayat (1) huruf (a) Jo Pasal 132 Undang-undang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman kurungan paling singkat 5 tahun penjara.

Lebih lanjut dikatakan Bagio, dalam 1 minggu, pihaknya sudah mengungkap 2 kasus narkoba dengan 7 tersangka. Dan ditambah satu kasus lagi dengan 3 tersangka.

“Kita tidak akan henti-hentinya memberantas narkoba. Dan terbukti 1 minggu kita amankan 10 tersangka dengan 6 tersangka pria dan 4 tersangka wanita,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pengungkapan kasus ini tidak akan bisa tanpa ada peran serta masyarakat. Untuk itu dirinya mengimbay kepada masyarakat agar selalu menjadi polisi bagi dirinya sendiri.

“Tanpa peran serta masyarakat, kami tidak akan bisa mengungkap kasus di wilayah hukum kami. Untuk itu kami butuh peran serta masyarakat dalam mencipatakan rasa aman di wilayah hukum Singkawang Barat. Dan segera laporkan jika ada pelanggaran hukum terutama narkoba. Dan yang terpenting, jadilah polisi bagi diri kita sendiri,” imbaunya. (mizar)