Waduh.! Malaysia Deportasi Kembali 21 TKI Bermasalah

oleh
Petugas saat melakukan pendataan TKI bermasalah yang di deportasi dari Malayasia. Foto : Istimewa

SANGGAU – Selang sehari 27 TKI Bermasalah dipulangkan ke tanah air melalui PLBN Entikong, hari ini, Jumat (23/03/18) Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi TKI.

Kali ini, TKI yang dipulangkan berjumlah 21 orang.

“Ada 21 orang TKI bermasalah yang dipulangkan, 20 laki-laki dan 1 orang perempuan,” kata Waka Polsek Entikong, IPTU. Eeng Suwenda kepada awak media, Jumat (23/03/18).

Waka Polsek menjelaskan, para TKI bermasalah dipulangkan sekitar pukul 10.40 Wib dari Depot Imigrasi Semuja Malaysia melalui PLBN Terpadu Entikong, Kabupaten Sanggau dengan menggunakan kendaraan 2 mobil Imigrasi semuja dengan nomor polisi WUL 4232 dan WUS 6847 dan 1 mobil Dinas KJRI Kuching dengan nomor polisi 29-504-CC yang dikawal langsung oleh KJRI Kuching.

Setibanya di PLBN, para TKI bermasalah tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Karantina Kesehatan di PLBN Entikong.

“Dari pemeriksaan kesehatan tidak ada ditemukan TKI tersebut dalam keadaan sakit,” ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, para TKI tersebut langsung di bawa ke ruang atas PLBN Terpadu Entikong untuk dilakukan pendataan ulang jumlah dan pemeriksaan terhadap seluruh TKI serta dilakukan penandatanganan surat pernyataan untuk tidak kembali lagi ke Negara Malaysia tanpa dokumen lengkap.

Hasil pendataan, para TKI tersebut teridentifikasi berasal dari 6 Provinsi, yakni Kalbar 7 orang, NTT 6 orang, NTB 3 orang, Sulsel 1 orang, Jatim 3 orang dan Jabar 1 orang.

Pada pukul 12.00 Wib pendataan selesai.  Selanjutnya TKI bermasalah tersebut di kirim ke Depsos Pontianak  dan diberangkatkan dengan mengunakan kendaraan 1 unit Bus dengan nomor polisi KB 7110 A. (indra)