Dinas Perindagkop Gelar Pelatihan Pengembangan Kreatifitas Industri Anyaman Rotan

oleh
Sejumlah pengrajin saat mengikuti pelatihan pengembangan kreatifitas industri anyaman rotan. Foto : irs

KUALA KAPUAS – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas, Kalteng menggelar pelatihan pengembangan kreatifitas industri anyaman rotan, Jumat (23/03/18).

Pelatihan yang diikuti sejumlah pengrajin rotan di Kapuas tersebut dipusatkan di aula Kantor Dinas Perindagkop Kapuas dan dibuka secara resmi oleh Kabid Perindustrian, Ferdinan Junarko, mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kapuas, H Suparman.

Dalam sambutannya, Ferdinan, mengatakan, sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam membantu industri kecil menengah khususnya disektor kerajinan, maka perlu bimbingan dan pembinaan bagi pengusaha UKM dalam bentuk pelatihan.

“Pelatihan pengembangan kreatifitas anyaman rotan yang kita laksanakan hari ini diharapkan dapat menjadi pemacu persaingan dengan daerah lain bahkan negara luar, untuk dapat lebih meningkatkan usahanya sehingga tercapai tujuan yang diharapkan bersama,” katanya.

Sektor industri yang terus berkembang dan dikembangkan sesuai dengan kompetensi inti industri selain sektor agro, adalah sektor industri kerajinan, dimana Kabupaten Kapuas merupakan kabupaten yang terkenal dengan produk kerajinan seperti anyaman rotan dan purun, furniture dari kayu serta kerajinan getah nyatu.

“Di sektor kerajinan rotan di Kalteng, Ibu Ramince dan Nuhayati telah bersedia membagi ilmu dan pengalamannya. Untuk itu saya meminta kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan lebih serius,” tutur Ferdinan.

Ia menambahkan, mengingat pelatihan ini adalah merupakan suatu bekal keahlian di dalam memproduksi kerajinan anyaman rotan, dengan menggunakan peralatan teknologi untuk nantinya mampu diterima di pasaran. (irs)