Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

oleh
Ilustrasi

JAKARTA – Belajar bahasa Inggris memang terkadang sulit dilakukan oleh sebagian orang, terutama para pelajar yang terkadang frustasi belajar bahasa Inggris karena mereka tidak mengetahui metode pembelajaran yang tepat.

Hasilnya, tentu saja hasil belajar mereka tidak memuaskan. Kebanyakan para pelajar hanya belajar bahasa Inggris karena merupakan salah satu mata pelajaran di sekolahnya saja.

Bila anda merupakan salah satu orang yang kesulitan belajar bahasa Inggris, berikut ini kami berikan cara cepat belajar bahasa Inggris yang semoga saja bisa memudahkan anda.

Menulis dan berbicara

Banyak para guru dan siswa bahasa Inggris yang memiliki pemahaman jika kunci sukses dari penguasaan bahasa Inggris terletak dari menulis dan berbicara.

Ya, hal itu memang tidak salah karena banyak orang langsung yang praktek berbicara dengan rasa percaya diri yang tinggi, ia pastinya akan lebih terbiasa dan mendapatkan kemampuan bahasa Inggris dengan baik.

Mendengar

Akan tetapi, untuk bisa lebih cepat menguasai salah satu bahasa Internasional tersebut, seseorang juga dituntut untuk mengasah kemampuannya dengan mendengar kata-kata bahasa Inggris. Kemampuan mendengar merupakan kunci sukses menguasai bahasa Inggris.

Untuk itulah anda harus menghabiskan waktu untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris misalnya atau menonton tayangan berbahasa Inggris tanpa subtitle yang akan memberikan dampak positif bagi anda.

Dengan mendengarkan bermacam-macam kosakata bahasa Inggris tersebut, anda akan mendapatkan kemampuan mendengar dan menangkap berbagai ucapan bahasa Inggris yang ada di sekitar anda.

Pahami grammar

Grammar juga merupakan salah satu hal penting untuk anda pelajari. Janganlah menganggap belajar grammar sebagai beban yang anda hadapi, tetapi tanggaplah dengan santai jika belajar bahasa Inggris khususnya menguasai grammar merupakan cara yang menarik.

Anda harus menyesuaikan kata dari kata dengan sesempurna mungkin, dalam hal menulis, grammar sangatlah penting. Akan tetapi, bila dalam pengucapan atau berbicara, kesalahan yang terjadi dalam grammar masih bisa dimaklumi.

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

1. Terus mengulang

Kunci keberhasilan cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan mengulangnya terus-menerus hingga anda benar-benar menguasainya.

Di sekolah saja misalnya, para siswa membaca teks dengan terlalu cepat dan kemudian guru langsung memberikan materi dengan sikap seperti dikejar oleh waktu dan terlalu terburu-buru. Hal itu tentu saja membuat pemahaman yang menjadi tidak maksimal.

Siswa sendiri hanya mendapatkan ingatan dari hal yang dipelajarinya dengan jangka pendek dan guru juga akan semakin sulit yang berhasil mengajarkan bahasa Inggrisnya kepada para murid.

Berdasarkan penelitian, pengulangan dari pembelajaran sebelumnya akan memberikan hasil prestasi yang lebih baik. Siswa dituntut untuk terus menerus mendapatkan sebuah materi dengan pengulangan yang hingga belasan kali.

Dengan pengulangan itu, terbentuklah memori dan ingatan jangka panjang siswa terhadap hal yang dipelajarinya terus-menerus.

Siswa kemudian akan mampu mempelajari dan memahami bahasa Inggris dengan baik dan hal ini memang terbukti lebih efektif.

2. Bergabung ke komunitas

Cara cepat belajar bahasa Inggris berikutnya adalah dengan menemukan tempat atau komunitas untuk memudahkan anda.

Apabila anda sudah belajar tentang listening, buatlah sebuah strategi belajar yang pada saat anda belajar berbicara dengan layaknya orang yang sedang melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Agar kemampuan anda lebih berkembang dengan cepat, maka alangkah baiknya anda bergabung ke sebuah komunitas bahasa Inggris. Anda bisa belajar banyak hal seperti mengenai komunikasi dan bermacam hal yang membuat kemampuan anda semakin meningkat.

Anda juga bisa membuat sebuah catatan harian dalam bahasa Inggris yang anda alami setiap hari. sebab dengan menulis, anda akan mendapatkan dan mengetahui kosakata baru yang bisa menambah perbendaharaan anda. (1001Tips)