Waspada.! Hindari Penyebab Hipertensi Berikut Ini..

oleh

JAKARTA – Hipertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi yang banyak diderita oleh orang-orang yang gemuk biasanya, atau orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasinya biasanya orang mengkonsumsi obat atau menghindari makanan yang bisa menyebabkan hipertensi ini kambuh.

Walau penderita hipertensi terkadang adalah orang yang gemuk atau lanjut usia, tetapi bukan tidak mungkin anda yang masih muda juga terkena hipertensi.

Beberapa langkah disarankan untuk mencegah penyebab hipertensi ini, seperti misalnya menghindari atau setidaknya mengurangi makanan yang bisa memicu kambuhnya hipertensi ini.

Berikut ini seperti yang dilansir dari Healthmeup beberapa makanan penyebab hipertensi :

1. Garam

Setiap hari kita pastinya tidak terlepas dari mengkonsumsi garam, karena adalah salah satu bumbu yang paling penting dalam makanan. Garam akan menjadi penyebab tekanan darah tinggi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu untuk menghindari kambuhnya hipertensi anda, anda bisa mengurangi jumlah garam dalam setiap makanan anda.

2. Makanan Olahan

Beberapa dari kita mungkin lebih memilih makanan olahan yang siap saji, namun tahukah anda jika makanan olahan biasanya banyak mengandung garam. selain itu juga mengandung pengawet yang tidak baik dan bisa menyebabkan hipertensi anda kambuh.

3. Makanan kaleng

Makanan kaleng juga bisa menjadi penyebab hipertensi, sebab biasanya kadar garam dalam makanan kaleng cukup tinggi. Jika harus mengkonsumsi makanan kaleng, pastikan anda memanaskannya kembali.

4. Produk Roti

Produk roti biasanya mengandung lemak jenuh asin, baking powder dan soda. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah dan menyebabkan obesitas.

5. Gula

Semua makanan yang mengandung gula, seperti permen , kue kering dan sebagainya dapat menyebabkan obesitas dan biasanya penderita obesitas mempunyai resiko besar terkena hipertensi. Jadi, cobalah mengurangi konsumsi gula anda, jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula jika anda seorang penderita hipertensi.

6. Lemak

Kelebihan konsumsi lemak menyebabkan obesitas yang pada gilirannya menyebabkan tekanan darah tinggi. Konsumsi lemak jenuh dan trans dalam makanan harus dihindari. Semua makanan goreng barang, mentega, margarin, minyak kelapa, dll harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit atau di minimalisir.

7. Alkohol

Jika anda seorang penderita hipertensi dan suka mengkonsumsi alkohol, sebaiknya berhenti. alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan terutama untuk penderita hipertensi, karena itu juga bisa mengarah kepada penyakit jantung.

8. Kafein

Kafein biasanya terkandung dalam kopi atau coklat, minuman ini bisa menjadi penyebab hipertensi.  Kafein bertindak sebagai vasokonstriktor, yakni mempersempit arteri meningkatkan tekanan aliran darah. Batasi asupan kopi untuk 2 cangkir hanya satu hari. (1001 Tips)