Tips Penting Sebelum Membeli Kamera

oleh

JAKARTA – Kebutuhan akan kamera merupakan kebutuhan tambahan, ketika kita memiliki cukup uang untuk membelinya. Bahkan bisa menjadi kebutuhan pokok ketika anda bekerja sebagai fotografer atau bekerja di studio foto.

Harga kamera biasanya mencapai ratusan hingga jutaan rupiah, tergantung fitur, merek, dan kualitas yang dimiliki kamera itu sendiri.

Dalam memilih kamera anda harus jeli, jika ada yang menawarkan dengan harga murah, jangan langsung dibeli, coba perhatikan dan lihat dulu kondisi fisik, kualitas jepretan, dan yang paling penting perbandingan harga dengan kamera yang se-type.

Jika anda berminat membeli sebuah kamera, baik untuk sekedar hoby ataupun untuk kebutuhan pekerjaan, anda patut mencoba tips berikut ini :

1. Cek berapa lamakah baterai kamera yang ingin anda beli tersebut bertahan, di kardus atau buku panduan pasti terdapat jumlah daya dan ketahanan baterai kamera tersebut. Mungkin ini agak sepele, namun ini merupakan salah satu yang terpenting yang dibutuhkan kamera anda. Bagaimana sekiranya anda bepergian jauh dengan kamera anda dan tidak menemukan sumber listrik? nah, disinilah fungsi ketahanan baterai kamera anda di uji, apakah dapat bertahan lama atau tidak, setidaknya dengan mengetahui kemampuan dan daya baterai kamera, kita bisa memperhitungkan berapa lama daya baterainya bisa bertahan.

2. Anda harus pilih juga jumlah megapixel sesuai kebutuhan anda, jika hanya sekedar hoby, biasanya jumlah megapixelnya berkisar antara 2-8 megapixel, yang berarti itu hanya jenis kamera digital. Untuk pekerjaan sebaiknya pilih kamera DSLR dengan kualitas gambar dan jumlah megapixel yang lebih besar, namun harganya tentu mencapai 3 jt-an.

3. Cek juga kemampuan zoom kamera yang ingin anda beli, jika anda hoby memotret pemandangan sebaiknya cari kualitas zoom-nya yang baik dan dapat menjangkau kejauhan.

4. Flash, pastikan kamera yan ganda beli memiliki flash untuk memberi efek terang pada ruangan foto yang pencahayaannya kurang. Kalau kamera DSLR biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas flash.

5. Memory, dengan memory yang besar anda tentu bisa menampung lebih banyak foto. Tapi, biasanya anda bisa membeli memory secara terpisah dan memilih memory dengan kuota yang besar.

6. Jika memungkinkan cobalah kamera tersebut, dengan begitu anda dapat menilai langsung kualitasnya dan tidak perlu lagi repot-repot membaca buku panduannya.

7. Bandingkan harga type kamera yang anda minati dari toko satu dan lainnya, jika tidak ingin repot anda bisa membandingkan harganya di toko online. Biasanya ada perbandingan harga kamera antara satu tempat dan lainnya.

8. Jika ingin membeli kamera secara online di toko online, sebaiknya pilih toko online yang terpercaya dan banyak pelanggan. Dan jangan asal pesan, pastikan spek dan kondisi kamera tersebut masih bagus.

Demikian Tips Sebelum Membeli Kamera nya, semoga bermanfaat. (1001 Tips)