Musrenbang RKPD Singkawang Selaraskan Program Daerah

oleh
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie saat memberikan sambutan dalam Musrenbang RKPD. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Pemerintah Kota Singkawang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2019.

Kegiatan tersebut dipusatkan di Balairung, kantor Wali Kota Singkawang, dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kamis (22/03/18).

Tjhai Chui Mie mengungkapkan, Musrenbang RKPD hari ini merupakan pertama bagi kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan.

“Sekalipun pertama kali dimasa kepemimpinan kami, namun perencanaan pembangunan untuk tahun anggaran 2019 yang akan disusun, merupakan pelaksanaan tahun kedua dari periode kepemimpinan kami untuk lima tahun kedepan,” katanya.

Forum Musrenbang, dikatakannya mempunyai arti penting bagi pemangku kepentingan untuk melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi, sehingga tercapai kesepakatan terhadap RKPD Kota Singkawang tahun anggaran 2019.

“Forum ini akan menyelaraskan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan, baik itu melalui APBD Kota Singkawang, APBD Provinsi Kalimantan Barat maupun melalui APBD Pusat,” katanya.

Menurutnya, penyelarasan yang dilakukan dengan mengedepankan prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber pendanaan daerah.

“Untuk itu, diperencanaan pembangunan dalam RKPD tahun anggaran 2019, saya bersama Bapak Irwan akan memaksimalkan target-target pembangunan sesuai visi kami ingin menjadikan Singkawang jebat 2022,” ujarnya.

Demi terlaksana dan tercapainya target itu, dirinya berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Provinsi Kalbar dan seluruh stakeholder.

“Dukungan itu tidak hanya bersifat moriil, namun pula bersifat materiil, sehingga kekuatan untuk menyelesaikan pekerjaan dapat terlaksana dalam mewujudkan Singkawang hebat,” ujarnya.

Tampak hadir dalam Muesrenbang itu, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalbar mewakil Pjs. Gubernur Kalbar, Wakil Ketua DPRD Singkawang, Pj. Sekda Singkawang, Kepala OPD dan perwakilan masyarakat se-Kota Singkawang. (mizar)