Mau Menulis Surat Lamaran Kerja?, Ikuti Tujuh Tips Ini..

oleh

JAKARTA – Sebelum melamar pekerjaan, tentu kita harus membuat dan menulis surat lamaran kerja. Biasanya dalam menulis surat lamaran kerja  ada beberapa hal yang harus dihindari dan juga ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan. Nah, untuk itu silahkan simak 7 tipsnya berikut ini.

1. Janganlah menulis kembali yang ada di CV

Surat lamaran pekerjaan semestinya memanglah menuturkan apa pencapaian kalian serta banyak hal yang ada di CV. Tetapi upayakan janganlah membuatnya sama juga dengan CV yang kalian catat sebagai lampiran. Cobalah rangkum pencapaian serta data kalian dengan singkat serta memakai kalimat yang menarik.

2. Paragraf pertama serta terakhir

Cermati paragraf pertama serta paling akhir pada surat lamaran kerja. Yakinkan paragraf awal kalian tidak berbelit-belit serta segera ke pokok bahasan. Paragraf awal mesti jelas serta memiliki nilai jual. Pada paragraf paling akhir kalian mesti tampak tegas serta menghendaki mereka menghubungi Anda bila sudi. Janganlah buat paragraf paling akhir yang mengambang, tampak tidak perduli atau terlampau mengharapkan lewat cara yang jelek.

3. Bicarakan perusahaan

Sebelum saat menulis surat lamaran pekerjaan, kerjakan dahulu sebagian riset berkenaan perusahaan. Pihak perusahaan bakal suka bila kalian tahu beberapa hal perihal mereka. Tetapi janganlah berbusa-busa saat membicarakannya. Terus jelas serta perlihatkan bagaimana perusahaan tersebut bikin kalian terkesan serta di bagian apa kalian dapat bermanfaat buat mereka.

4. Janganlah sebutkan seluruh kemampuan

Seluruh kekuatan serta keterampilan yang kalian punyai pastinya telah ada di CV yang kalian lampirkan. Karenanya janganlah repot-repot mengatakan seluruhnya di surat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau sekurang-kurangnya lima saja kekuatan dan pengalaman yang kalian anggap paling baik serta cocok dengan pekerjaan yang kalian lamar.

5. Perlihatkan kepribadian

Yakinkan surat lamaran kerja yang kalian catat dapat mencerminkan begitu antusiasnya kalian untuk memperoleh pekerjaan itu. Janganlah pakai kalimat negatif serta pakai kalimat kerja aktif yang dinamis.

6. Bubuhkan tanda tangan pada surat lamaran kerja

Terkecuali kalian memakai lembar lamaran kerja spesial dari perusahaan atau dengan cara on-line, yakinkan kalian menandatangani surat lamaran kerja yang kalian kirimkan. Ini barangkali terdengar kuno, tetapi ini tunjukkan keaslian diri kalian lewat tanda tangan..

7. Presentasi surat

Walau berisi benar-benar menarik, tetapi bila surat lamaran kerja kalian buruk, kotor, penuh dengan typo serta salah tulis, maka nilai lamaran kalian bakal menyusut. Karenanya, sebelum saat mengirimnya, teliti lagi. Minta rekan atau keluarga untuk membacanya serta mencari tahu kesalahannya sebelum saat di kirim.

Cara menulis surat lamaran kerja yang baik itu tidak usah berlebihan dalam menuliskan segala hal tentang diri anda, pihak perusahaan akan menilai anda juga dari gaya dan cara penulisan anda pada surat tersebut. Semoga bermanfaat!. (1001 Tips)