Lima Cara Mengamankan Akun Facebook

oleh

JAKARTA – Seiring semakin berkembangnya penggunaan layanan media sosial di internet, angka kejahatan juga semakin meningkat. Berbagai macam tidak kejahatan mulai dari Bully sampai penipuan.

Seperti halnya media sosial lain Facebook yang termasuk salah satu media sosial terbesar saat ini juga tak terhindarkan penggunanya terkena tindakan kriminal ataupun penipuan.

Hal-hal semacam ini bisa dihindari jika kita lebih berhati-hati dan lebih bijak menggunakan fasilitas dan layanan sosial media gratis ini, mungkin anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk menghindarinya :

1. Tidak Sembarangan Sebar Profil Pribadi

Hal semacam ini benar-benar mutlak supaya tidak sembarang orang bisa lihat profil Anda. Caranya, click ikon penyusunan yang ada di sudut kanan monitor. Lalu tentukan Privasi Setting serta tentukan ‘Privacy’.

Lalu nampak jendela Privasi Settings and Tools serta Anda dapat mengatur siapapun yang diijinkan tengok profil Anda. Adapun pilihan yang ada, diantaranya Public, Friends, Only you, serta Custom.

Bila Anda mau membatasi posting-an lama Anda untuk dipandang oleh rekan-teman Anda di Facebook, maka Anda bisa mengklik Activity Log atau dapat menentukan ‘Limit the audience for old posts on your timeline’. Hingga, seluruh posting-an Anda cuma bisa dipandang oleh rekan-teman paling dekat Anda.

2. Kendalikan Facebook

Dalam Privasi Setting and Tools, Anda juga dapat menentukan siapapun yang bisa menghubungi Anda. Dengan cara default, ini dibentuk untuk sangat mungkin rekan-teman serta beberapa orang yang Anda kenal agar bisa kirim pesan pribadi melewati kotak masuk di website.

Diluar itu, Anda juga dapat membatasi siapapun yang bisa kirim Friend Request. Dengan cara default, siapapun dapat berusaha untuk berteman dengan Anda di Facebook, namun bila Anda lebih sukai untuk membatasinya maka Anda bisa merubah penyusunannya. Hingga, cuma rekan dari rekannya Anda (mutual friends) yang bisa memberikan Anda sebagai rekannya.

3. Membatasi Orang Masuk

Pilihan paling akhir dari feature Privasi Settings and Tools ini juga sangat mungkin Anda untuk mengontrol siapapun yang bisa temukan Anda melewati pencarian dengan alamat e-mail atau nomer telepon.

Tentukan ‘Who can look me up? ’ lalu click Ubah di sebelah baris “Who can look you up using the e-mail address or telephone number you provided? ”, maka Anda bisa menentukan ‘Friends of friends’ atau ‘Friends’ saja.

4. Mengatur Pemberitahuan Login

Saat ini Facebook bisa kirim pesan peringatan setiap saat ada orang yang berupaya terhubung account Anda sembarangan dari computer atau piranti lain yg tidak di kenal. Untuk mengerjakannya, Anda bisa menentukan ‘Security’ pada baris ke-2 dalam Privasi Settings. Lalu, click Ubah di samping notifikasi Login serta tentukan apakah Anda mau terima e-mail atau pesan teks. Setelah itu, click Save Changes.

5. Aktifkan Kesepakatan Login

Setiap saat Anda terhubung account Facebook melewati browser, Anda dapat mengatur raksasa jejaring sosial tersebut untuk kirim kode ke hp Anda yang dibutuhkan untuk dapat Login.

Cukup navigasikan cursor Anda ke ‘Lohin approvals’ serta click Ubah. Lalu centang kotak ‘require a security code to access my account from unknown browsers’. Click ‘Save Changes’.

Semoga bermanfaat, terimakasih telah berkunjung!. (1001 Tips)