Disdik Kapuas Sosialisasikan UN Kepada Para Kepala Sekolah

oleh

KUALA KAPUAS – Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas mengadakan sosialisasi ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs,/SMPLB, SMA/SMK/MA/SMALB, Paket A-B/Wustha, dan Paket C/Ulya tahun 2018, Kamis (22/03/18).

Sosialisasi yang berlangsung di aula Kantor Disdik Kapuas dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Ilham Anwar, dan diikuti para kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah dari berbagai kecamatan di Kapuas.

Ilham Anwar mengungkapkan, sosialisai ujian nasional ini bertujuan agar kepala sekolah, guru dan pengawas serta semua stakeholder yang hadir dapat memahami benar-benar tentang pengertian ujian nasional dan ujian sekolah berstandar nasional serta ujian sekolah.

“Walau pun ini bukan barang baru tetapi ada sedikit-sedikit yang dirubah seperti bahwa ujian nasional bukan penentu kelulusan, tetapi merupakan salah satu indikator untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,” katanya.

Adapun perubahan UN tahun ini dari sebelumnya yaitu untuk pengawas, apabila tidak bisa dilakukan pengawasan silang antar sekolah setidak-tidaknya silang antara guru bidang study.

“Misalnya guru bidang study bahasa Indonesia pengawasi bidang study matematika. Jangan guru bahasa Indonesia mengawasi bidang study bahasa Indonesia juga,” ujar Ilham.

 Sistem pengawasan silang antar guru bidang study ini dimaksudkan untuk mencegah indikasi kebocoran jawaban. “Karena guru bahasa Indonesia tidak tahu bidang study matematika sehingga indikasi kebocoran jawaban tidak bisa,” jelasnya. (irs)