Mulai April 2018 Pelanggan PDAM di Sekadau Bisa Bayar Tagihan di Alfamart dan Indomaret

oleh
Yok Kelak, Direktur PDAM Sirin Maragun Sekadau. Foto : tjo

SEKADAU- Mulai April pelanggan Perusahaan Air Minun Daerah (PDAM) Sekadau tidak perlu lagi datang ke kantor PDAM untuk membayar tagihan bulanan.

Pasalnya direncanakan mulai April pelanggan sudah bisa membayar di mini market Alfamart dan Indomaret, karena kerjasama Payment Poin Online Bank (PPOB) sudah mulai berjalan.

“Karena Indomaret dan Alfamart ┬ásudah ada di setiap kecamatan makanya kita jalin kerjasama dengan mereka. Sebab, pelanggan kita yang ada di kecamatan Rawak, Nanga Taman dan Nanga Mahap tidak perlu lagi datang ke kantor PDAM Sekadau ketika menbayar tagihan bulanan. Mereka cukup bayar di Indomaret dan Alfmart,” ucap Yok Kelak, Direktur PDAM Sirin Maragun Sekadau di ruang kerjanya, Rabu (21/03/18).

Hanya saja, sambung Yok pelanggan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500. Biaya ini tentu lebih ringan ketimbang mereka harus datang ke Sekadau. Apalagi kalau dari kecamatan Mahap.

Untuk bayar tagihan tiap bulan paling tidak mereka harus siapkan biaya transportasi 50 ribu rupiah.

“Nah, karena disana sudah ada Indomaret ataupun Alfamart mereka sudah bisa mengurangi pengeluaran 50 ribu rupiah perbulan hanya untuk PDAM. Ini salah satu bentuk peningkatan pelayanan dari PDAM kepada pelanggan,” ucap Yok.

Agar para pelanggan tahu, lanjut Yok, sekarang kita sudah mulai sosialisasi dengan cara memberitahu langsung kepada pelanggan saat menbayar tagihan bulan Maret. Lalu lewat pamflet ataupun baliho dan melalui petugas lapangan.

“Demi kenyamanan pelanggan kita terus mencari terobosan dengan cara study banding ke PDAM yang sudah baik sistim menejemennya di daerah lain. Lagipula PDAM yang sudah maju wajib mendidik PDAM yang masih baru belajar seperti yang kita punya ini. Kendati kita masih baru, namun hasil audit kita termasuk PDAM yang sehat,” ungkapnya. (tjo)