Buruknya Drainase di Sanggau Akibatkan Sejumlah Jalan Protokol Terendam Air

oleh
Beginilah kondisi ruas Jalan di depan gereja Katedral Sanggau, terlihat hampir seluruh badan jalan terendam air, akibat hujan. Foto : Indra

SANGGAU – Hujan dengan intensitas tinggi melanda Kota Sanggau pada Rabu (21/03/18) sore. Akibatnya, sejumlah ruas jalan protokol di Kota itu terendam. Seperti yang terlihat di depan Gereja Katedral Sanggau, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Beringin.

Berdasarkan pantauan akcayanews.com/b-onetv.id, Rabu (21/03/18), hujan yang melanda Kota Sanggau hampir menutup ruas jalan di depan Gereja terbesar di Kabupaten Sanggau itu.

“Hampir tidak bisa lewat karena kondisi jalan tertutup air, dan kalau tidak hati-hati pakaian kita bisa basah saat berpapasan dengan kendaraan lain” kata Hendra, warga Sanggau.

Dikatakan Hendra, tergenangnya ruas jalan tersebut bukti bahwa buruknya drainase di Kota Sanggau.

“Memang tidak lama tergenangnya, tapi cukup mengganggu kami sebagai pengendara. Mungkin drainasenya ada yang sumbat atau terlalu kecil sehingga air yang ada dijalan lama turunnya,” ungkap Hendra.

Oleh karenanya, Dia berharap Pemerintah Daerah melalui instansi terkait segera membenahi drainase Kota yang bermasalah sehingga bisa dicarikan solusi dan tidak mengganggu aktifitas warga.

“Harapan kami simpel jak, coba dicek drainase yang ada ini, saya rasa ada masalah,” ujarnya.

Dari pantauan, genangan air tidak hanya terlihat di depan Gereja, lagi-lagi di depan pasar Jarai, air menggenangi ruas jalan tersebut. Meskipun berulang kali diberitakan terkait keluhan warga, pihak Instansi terkait belum melakukan perbaikan. Hal itu mengingat keterbatasan anggaran.

“Tahun ini kita buat drainasenya, anggarannya ada tinggal nunggu prosesnya berjalan,” kata Ir. Rudie Sanen, M.Si Kepala Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau belum lama ini. (indra)