Berikut Adalah Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menginap di Hotel Bintang Lima

oleh
Suasana kamar di Hotel Bintang Lima. Foto : Istimewa

JAKARTA – Penasaran bagaimana rasanya menginap di hotel mewah bintang lima? Hotel yang menjadi langganan orang-orang penting, hingga artis ini jelas memiliki kemewahan di setiap sudut. Fasilitas yang disuguhkan juga serba kelas satu. Siapa yang tahu bahwa suatu saat kamu akan berkesempatan bermalam di hotel yang bertarif puluhan juta. Agar tidak dicap norak, pastikan kamu memperhatikan tips menginap berikut ini.

1. Pakaian Sopan dan Rapi

Tiba di hotel bintang lima serupa dengan bertemu orang untuk pertama kalinya. Untuk bermain aman, kenakanlah pakaian yang sopan dan rapi. Tak perlu harus membeli pakaian rancangan designer luar negeri atau yang mahal. Pastikan itu sopan dan rapi sehingga tidak membuatmu malu saat pelayan membukakan pintu mobil untukmu. Tak kalah penting, melangkahlah dengan percaya diri. Kamu adalah salah satu tamu terhormat yang mampu menginap di hotel mewah, mengapa harus malu-malu?

2. Pelajari Table Manner

Hotel bintang lima selalu sepaket dengan restoran mewah. Deretan garpu dan sendok, serta banyak jenis gelas kadang memang bikin ciut. Luangkan waktu untuk mempelajari hal ini secara singkat, bisa juga lewat Youtube. Jangan ragu juga untuk bertanya pada pelayan tentang menu yang dihidangkan. Sudah bukan rahasia, restoran mewah biasanya menggunakan nama-nama menu yang sulit dimengerti. Pastikan kamu membawa baju formal untuk makan di sini. Tidak sedikit restoran yang memberlakukan aturan pakaian formal di atas jam 6 malam.

3. Kenali Fungsi dari Masing-masing Handuk

Di tempat menginap biasa, sudah disediakan satu handuk untuk mandi sebagai bagian dari amenities hotel. Namun berbeda dengan hotel berbintang lima. Akan ada lima macam handuk untuk satu tamu. Dari yang terkecil untuk membersihkan muka, hingga yang paling lebar untuk mandi. Ada juga handuk untuk tangan, berbeda dengan yang digunakan untuk mengeringkan rambut. Terakhir, ada bath mat, yaitu kain handuk yang digunakan sebagai keset atau alas kaki agar tidak tergelincir setelah mandi. Aturannya, jika ingin pelayan menggantinya dengan yang baru, tinggalkan handuk-handuk tersebut di lantai.

4. Budaya Memberi Tip

Tamu-tamu yang menginap di hotel bintang lima jelas bukan orang sembarangan, dan pasti berduit. Karenanya biasanya ada kebiasaan memberikan tip pada pelayan, mulai dari yang membukakan pintu, membawakan barang-barangmu, hingga pelayan yang membersihkan kamarmu. Beruntung di Indonesia budaya ini tidak terlalu keras seperti di Amerika. Namun, memberikan sedikit tip akan sangat berarti untuk mereka, lho.

5. Cari Tahu Fasilitas yang Didapat

Sesuai dengan bintangnya, fasilitas yang didapat jelas berbeda dari hotel biasa. Perhatikan buklet yang biasanya disediakan di setiap kamar. Penjelasan tentang fasilitas apa saja yang didapat secara gratis, seperti kolam renang hotel, gym, hingga ruang sauna. Jangan ragu untuk bertanya sebelumnya jika anda ingin menggunakan salah satunya. Jangan sampai salah memilih dan membuatmu bangkrut karena hal tersebut tidak termasuk fasilitas gratis yang diberikan.

6. Cara Bersikap Saat Bertemu Artis

Tarif bermalam di hotel bintang lima jelas tak murah. Sebagian besar tamunya adalah orang penting seperti pejabat atau artis. Pastikan kamu menahan diri jika ternyata kamu menginap di hotel yang sama dengan selebritis pujaan. Sapa mereka dengan sopan dan senyum. Hargai privasi mereka dengan tidak meminta tanda tangan atau selfie  bareng. Tak hanya dengan artis, jagalah sikapmu kepada siapapun. Kamu tak akan tahu sedang berhadapan dengan siapa. Ingat lagi, hampir semuanya orang penting. (travelingyuk)