Smartphone Berbaterai Awet yang Siap Dipakai Seharian

oleh

JAKARTA – ASUS diawal tahun 2018 ini telah memperkenalkan perangkat terbarunya yang memiliki penampilan serupa dengan perangkat lain di kelasnya. Perangkat tersebut adalah ASUS ZenFone Max Plus M1.

Penampilan cantik berkat desain full view display miliknya berhasil menarik perhatian kami, begitu pula dengan baterai besar yang dimilikinya. Kami pun diberikan kesempatan untuk melakukan review terhadap ZenFone Max Plus M1. Bagaimana hasilnya? B berikut hasil review kami.

Desain yang Berbaur di Tahun 2018

Kesan fresh berhasil ditampilkan oleh ASUS ke dalam perangkat barunya tersebut. Buktinya dapat dilihat pada ZenFone Max Plus M1, yang dibekali dengan full view display.

Ketika pertama kali digenggam, Kami merasakan kehadiran perangkat yang pada tahun lalu berukuran 5,2 inci. Namun, ASUS ZenFone Max Plus M1 sendiri merupakan perangkat yang memiliki layar seluas 5,7 inci.

Ukuran yang sama namun berbentang layar yang berbeda tersebut disebabkan oleh rasio antara bodi dan layarnya yang sbeesar 18:9. Yup, pada tahun ini ASUS ingin menyuguhkan perangkat dengan rasio besar, dan ZenFone Max Plus M1 adalah bukti pertama mereka.

Pada bagian depannya, tepat di atas layar Kami memnemukan lensa kamera selfie yang berada di baris yang sama dengan micro speaker dan Proximity Sensor. Sementara itu, bagian bawah layarnya tidak terdapat hal apapun.

Di sisi kiri layar Kami menemukan tombol volume yang berbaris rapih dengan tombol power. Sementara itu, slot micro SIM dapat dilihat di sisi kanan layar. Pada sisi atas terdapat Audio Jack 3.5 mm. Dan, di sisi bawah Kami menemukan micro USB port dan speaker.

Yang menarik dari perangkat ini adalah bagian punggung. Pasalnya, ketika pertama kali melihat bagian tersebut, Kami langsung teringat dengan ASUS ZenFone 4 Max Pro, yang sama-sama dibekali dengan lensa kamera ganda. Hal yang berbeda adalah lokasi dari pemindai jari yang dimilikinya.

Dikarenakan bagian wajahnya telah dipenuhi layar, maka ASUS menyematkan pemindai jari ke bagian punggung perangkat tersebut.

Secara rinci pernagkat tersebut berdimensi 152.6 x 73 x 8.8 mm, beban yang harus ditanggung oleh penggunanya adalah 160 gram.

Display yang Luas dan Memanjakan Mata

Tidak hanya penampilan, namun kualitas layar yang disuguhkan wajib menjadi penilaian pertama Kami. Pasalnya desain bagus haruslah berbanding lurus dengan kualitas layar yang disuguhkannya.

Untungnya, layar 5,7 inci dari ASUS ZenFone Max Plus M1 telah  dibekali dengan panel IPS LCD yang menyuguhkan resolusi 1080 x 2160 piksel atau Full HD. Kerapatan piksel yang dimilikinya pun cukup besar, yakni 424 ppi.

Segala kemampuan yang dimiliki oleh layar ZenFone Max Plus M1 tersebut membuat Kami merasa nyaman selama menggunakan perangkat tersebut. Kualitas video yang baik pun dapat dinikmati tanpa terkecuali. Kalau 4K yang memang belum bisa, lagi pula jaringan internet Kami paling mentok tanpa buffering di 1080.

Luasnya layar dari perangkat itu pun membuat sudut pandang Kami jauh lebih nyaman, Dan, yang paling penting perangkat ini sudah bisa berbaur dengan perangkat lain di tahun 2018 ini.

Performa yang Baik

Walaupun penampilannya (bagian punggung) serupa dengan ZenFone 4 Max dan 4 Max Pro, ASUS ZenFone Max Plus M1 tidak dibekali dengan chipset yang sama. Hal itu disebabkan oleh pemanfaatan chipset MediaTek MT6750T di dalam perangkat itu. Lain halnya dengan 4 Max dan 4 Max Pro yang dibekali dengan chipset Snapdragon.

Penggunaan chipset buatan MediaTek itu juga seringkali dianggap sebagai problema utama ZenFone Max Plus M1 dalam menghadapi persaingan pasar. Pun demikian, Kami kurang setuju dengan pendapat tersebut.

Jika dilihat dari kertas, MediaTek MT6750T telah menjadi smartphone yang dibekali dengan 8 inti (4×1,5 GHz Cortex-A53 dan 4×1.0 GHz Cortex-A53). Selain itu, chipset tersebut juga telah dibekali dengan pengolah grafis Mali-T860MP2.

ASUS pun menyematkan kapasitas RAM yang sudah sesuai dengan kebutuhan di tahun 2018 ini, yakni 4 GB. Dan, ruang penyimpanan yang diberikannya adalah sebesar 64 GB. Android Nougat 7.0 menjadi sistem operasi yang berjalan di dalamnya, berkolaborasi dengan ZenUI 4.0.

Rangkaian jeroan yang dimiliki oleh ASUS ZenFone Max Plus M1 itu pun mendorong Kami untuk mencari tahu kemampuan yang dimilikinya. Kami pun langsung mengunduh beberapa game yang tengah booming saat ini, seperti Mobile Legends, Arena of Valor dan Vainglory.

Ketika Kami menjalankan Mobile Legends, performa yang ditampilkannya cukup baik. Kami pun meningkatkan kualitas grafis sedari medium menjadi high. Kami pun tidak menemukan masalah apapun di dalamnya. (arena gadget)