Musrenbang RKPD 2019 Digelar di Barito Utara

oleh
Sekda Barito Utara, Jainal Abidin. Foto : Bani

MUARA TEWEH – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Daerah (Musrenbang RKPD) merupakan agenda rutin yang selalu diadakan dalam rangka perencanaan pembangunan daerah.

Hal ini sebagai sarana untuk menghimpun pemikiran, pendapat dan usulan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat, yang mana hal tersebut nantinya dijadikan acuan bahan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019.

Sekretaris Daerah, H. Jainal Abidin, membuka secara resmi Musrenbang RKPD tahun 2019 Kabupaten Barito Utara tahun 2018 yang digelar di Gedung Balai Antang, Muara Teweh,Selasa (20/03/18).

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Jainal Abidin mengatakan, bahwa prioritas rencana pembangunan daerah pada tahun 2019 difokuskan pada sarana dan prasarana di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur berbasis lingkungan, ekonomi dan kerakyatan, serta reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Adapun kriteria program/kegiatan prioritas pembangunan yang perlu disepakati bersama yaitu harus mempunyai dampak yang besar sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, bersifat penting dan mendesak, bersifat realistis dan merupakan tugas pemerintah sebagai pelaku utama.

Dalam kegiatan ini, juga disampaikan paparan terkait usulan prioritas dari 5 SOPD diantaranya Bappeda litbang, Dinas PUPR, Dinas BPKA, Dinas Kesehatan dan Dinas Pertanian.

Kemudian  dilanjutkan dengan talkshow tentang Pertumbuhan dan Pemerataan Pembangunan yang mana hadir sebagai pemberi materi dari pihak Eksekutif dan Legislatif yaitu Sekretaris Daerah,  H. Jainal Abidin, Wakil Ketua II DPRD, H. Aception dan Anggota DPRD,  H. Tajeri.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan kesepatakan kriteria program prioritas oleh Sekretaris Daerah Asisten Pemerintahan dan Kesjahteraan Rakyat, Kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas Kesehatan, Inspektur Kabupaten Barito Utara, Sekretaris Dewan, dan Camat Montallat.

Acara Musrenbang RKPD tahun 2019 dihadiri oleh Anggota DPRD, Unsur Forkompinda, instansi vertikal, Bappedalitbang Provinsi dan SOPD, camat se-Kabupaten Barito Utara, dan para peserta lainnya. (Bani)