178 Nomor Jemaah Haji Barito Utara Siap Diberangkatkan

oleh
Suasana pemeriksaan kesehatan jemaah haji Barito Utara. Foto : Bani

MUARA TEWEH – Estimasi panggilan pelunasan nomor porsi untuk jatah haji Kabupaten Barito Utara tahun 2018 berjumlah 178 nomor. Namun diantara jumlah itu ada empat orang yang sudah menyatakan secara tertulis menunda keberangkatan.

Dalam jumlah itu, adapula yang sudah berangkat haji, tapi menunggu panggilan terakhir. Dengan adanya penundaan ini, maka akan diisi oleh porsi selanjutnya.

Kepala Kementerian Agama Barito Utara, H.Tuaini Ismail mengatakan, selain jumlah itu  ada juga tambahan usia lanjut yang berumur diatas 70 tahun.

“Dari jumlah 178 itu, nantinya belum termasuk daftar juga kemungkinan ada tambahan berikutnya, dimana ada sebelumnya sama seperti tahun lalu,” ujarnya kepada awak media, Selasa (20/03/18).

Saat ini, kata Tuaini Ismail, jumlah kuota untuk provinsi Kalimantan Tengah ada 1.603 orang. Dari jumlah itu juga akan dibagi seluruh Kabupaten se-Kalteng. Namun untuk keberangkatan juga berdasarkan nomor awal pendaftaran.

“Untuk tahun ini  biaya perjalanan ibadah haji naik kurang lebih Rp 345.290 atau naik sekitar 0,9 persen dari jumlah tahun lalu,” ujarnya.

Kenaikan ini, sehubungan dengan peningkatan pelayanan dan jarak tempuh embarkasi menuju Arab Saudi, sehingga dengan ini juga maka biaya naik untuk tahun ini.

“Jadi tergantung letak wilayah. Hal ini sudah disepakati bersama kementerian dan dewan,” katanya. (Bani)