Wali Kota Singkawang Pantau Ujian di Sejumlah SMK

oleh
Suasana saat Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meninjau ujian di SMK Negeri 3. Foto : Mizar

SINGKAWANG – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, SE bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) memantau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) disejumlah sekolah diantaranya di SMK Negeri 3 Singkawang, Senin (19/03/18).

Pemantauan  itu bertujuan untuk melihat secara langsung para siswa dalam menggunakan komputer saat menjawab soal-soal USBN, dan kesiapan para siswa.

“Sesuai harapan kita, yang terpenting adalah tingkat kelulusan siswa semakin baik, dan dari tempat duduk serta meja agak berjauhan, ini bagus sekali karena sudah membuat anak-anak kita lebih percaya diri lagi,” ujar Tjhai Chui Mie di SMK Negeri 3 Singkawang.

Tjhai Chui Mie mengatakan dengan menggunakan sistem komputer dalam pengerjaan ujian sekolah maupun ujian nasional, maka kualitas para siswa akan semakin baik.

“Kita bisa bersaing dengan sekolah-sekolah di luar daerah lain, karena sudah standar termasuk dalam penggunaan teknologi komputer,” katanya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Singkawang ini, akan mendukung sarana dan prasarana peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, termasuk disektor pendidikan dengan melengkapi sarana dan prasarana.

“Untuk pendidikan harus kita dukung dan peningkatan sumber daya manusia menjadi prioritas kita,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, Drs HM Nadjib, MSi mengatakan bahwa dilakukannya peninjauan oleh Wali Kota Singkawang bersama Forkompinda adalah dalam rangka melihat pelaksaan USBN di beberapa SMK.

“Artinya ujian ini wajib dilalui sebelum mengikuti Ujian Nasional, soal dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional ini soalnya dibuat di daerah dengan kisi-kisinya berstandar dan bersumber dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya.

Menurutnya, karena Ujian Sekolah Berstandar Nasional sudah menjadi ketentuan dan pemetaan dengan tiga mata pelajaran pokok diantaranya IPS, PPKn dan Agama.

“Pada 2 April kita sudah melaksanakan Ujian Nasional untuk SMK seminggu berikutnya Ujian Nasional untuk SMA,” katanya.

Tujuan kedatangan Wali Kota Singkawang bersama Forkompinda ini, kata Nadjib, dalam rangka meningkatkan semangat dan motivasi supaya lebih kuat mental dan lebih percaya diri.

“Kita patut berbangga sebelumnya dari prestasi akademik untuk SMK peringkat kesatu se-Kalbar, kita tidak mau sampai menurun sekolah memberikan bimbingan dan motivasi untuk mendorong mereka lebih giat lagi,” katanya.

Kepala SMK Negeri 3 Singkawang, Gunarto, SH mengatakan bahwa dulu ada ujian sekolah, ada ujian sekolah berstandar nasional dan ada ujian nasional namun sekarang hanya dua saja yaitu ujian sekolah berstandar nasional dan ujian nasional.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional ini, kata Gunarto, mulai dari 19 Maret hingga 28 Maret atau selama 7 hari dan pada 2 April mendatang akan dilaksanakan Ujian Nasional.

“Ujian Sekolah ini merupakan soal berkualitas karena juga bersumber dari kisi-kisi pemerintah pusat dan MGMP, harapan kita soal semakin berkualitas maka tamatannya juga berkualitas dan generasi penerus kita juga semakin berkualitas,” katanya.

Menurutnya, jumlah peserta USBN di sekolah berjumlah 153 orang ditambah dari siswa SMK Pertiwi.

“Untuk listrik tidak ada kendala termasuk internetnya, dan kita sudah sampaikan ke PLN dua minggu sebelum pelaksanaan ujian,” tegasnya. (mizar)