Peringati Titik Kulminasi di Tugu Khatulistiwa, Pemkot Pontianak Hadirkan Planetarium

oleh
Suasana saat pelajar melihat telur berdiri saat peringatan titik kulmimasi di Tugu Khatulistiwa. Foto : Istimewa

PONTIANAK – Menjelang terjadinya peristiwa titik kulminasi matahari di kawasan Tugu Khatulistiwa.

Pemerintah Kota Pontianak akan memeriahkan peringatan titik kulminasi matahari di kawasan Tugu Khatuliswa dengan fasilitas planetarium.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak, Syarif Saleh menyebutkan, dalam memperingati peristiwa ini, pemerintah setempat akan menggandeng Lembaga Antariksa dan Penerbangan  (Lapan) dan Badan Promosi Pariwisata Kota Pontianak (BP2KP).

“Pemkot akan menggandeng Lapan dan BP2KP untuk memperingati titik kulminasi ini,” ujarnya, Senin (19/08/18).

Dijelaskannya, planetarium merupakan ruang teater untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Saat ini planetarium tersebut sedang dalam perjalanan menuju  ke Kota Pontianak

“Semoga dengan kehadiran planetarium ini dapat menjadi edukasi bagi warga, khususnya pelajar, terutam untuk menambah wawasan tentang antariksa,” ujarnya.

Ia menambahkan, peringatan titik kulminasi matahari juga akan dimeriahkan dengan peluncuran pesawat tanpa awak berbahan bakar matahari pertama  di Indonesia, pertunjukkan robot kuntil anak, penampilan panggung hiburan, seperti grup band SMA, barongsai, permainan air dan sejumlah olahraga tradisional lainnya.

Tak lupa, Pemkot juga akan menggandeng komunitas yang ada di Pontianak, guna memeriahkan peringatan peristiwa malam itu. (dod)