Dovizioso Juara MotoGP Qatar, Marquez Kedua dan Rossi Ketiga

oleh

LOSAIL – Walaupun star dari posisi lima, akhirnya pembalap ducati, Andrea Dovizioso berhasil menjuarai seri perdana MotoGP musim 2018 di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (18/03/18) malam.

Dalam balapan ini, pemegang pole posisi, Zarco harus finis diurutan ke 6, meskipun sempat memimpin balapan, namun lima lap sebelum balapan berakhir, posisinya digeser Andrea Davizioso yang berada diposisi pertama dan Marc Marquez kedua serta Valentino Rosi ketiga.

Begitu balapan dimulai, Zarco, pembalap Motor Yamaha YZR-M1 langsung tancap gas dan memimpin dibarisan paling depan hingga beberapa lap.

Sementara  itu, Valentino Rossi yang star dari posisi delapan, langsung merangsek naik ke posisi tiga pada lap kedua, setelah melakukan manuver tajam ditikungan untuk melewati pembakah Honda, Dani Pedrosa.

Memasuki lap keenam, Rossi menyalip Marc Marquez pada tikungan keempat, dan berada tepat dibelakang Zarco yang masih memimpin balapan

Posisi Rossi  pun diambil  alih Marc Marquez  dan Dovizioso di lap ke 12 dan sempat tercecer diposisi ke empat

Kemudian di lap 11, Dovizioso melewati Marc Marquez untuk berada diposisi ke dua tepat dibelakang Zarco.

Sementara, Memasuki 10 lap terakhir, Alex Rins dan Jorge Lorenzo, harus menuju pit lebih cepat. Kedua pebalap tersebut tergelicir pada tikungan keenam dan ketujuh.

Lima lap  sebelum balapan berakhir, pertarungan sengit antara ke tiga rider, yakni Dovizioso, Marquez dan Rossi berhasil menyodok posisi Zarco hingga tercecer diurutan ke empat.

Dovizioso memimpin diposisi pertama, Marquez kedua dan Rossi ketiga, dan Zarco tercecer kembali keposisi 5.

Pada lap terakhir posisi Dovizioso yang memimpin balapan sempat diambil alih oleh Marc Marquez, namun Dovozioso tampil gemilang dan kembali mampu melewati Marquez untuk finis diurutan pertama, Marquez kedua, dan Rossi ketiga.

Dengan kemenangan ini Dovizioso untuk sementara memimpi klasemen MotoGP 2018 dengan koleksi 25  poins, disusul Marquez 20 poin dan Rossi ditempat ketiga dengan 16 poin. (dody)