Bupati Sekadau Buka Lomba Desa

oleh

SEKADAU – Lomba desa tingkat kabupaten resmi dihelat. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Sekadau, Rupinus di Desa Selalong Senin (19/03/18).

Dalam sambutannya Rupinus mengatakan, kegiatan lomba desa merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun, hanya saja desa pesertanya yang berganti-ganti, tergantung pihak kecamatan menunjuk desa mana yang siap mewakili kecamatan tersebut.

“Jangan waktu ada penilaian lomba saja perangkat dan masyarakat disibukan dengan pembenahan segala sesuatu.Tapi yang saya harapkan, desa hendaknya selalu siap dalam segala hal. Sebab desa adalah garda terdepan dalam pemerintahan,” kata bupati.

Lebih lanjut Rupinus mengatakan, bahwa lomba desa diharapkan menjadi motivasi bagi perangkat dan masyarakat, untuk membenahi desanya dari berbagai hal.

“Misalnya, apa saja syarat-syarat yang harus dilengkapi dalam lomba desa baik tingkat kabupaten maupun lomba desa tingkat provinsi. Makanya saya minta kegiatan tersebut jangan dilakukan hanya pada saat lomba saja, akan tetapi semuanya harus dilakukan secara terus menerus. Tujuannya agar hal tersebut menjadi kebiasaan dan dilakukan secara rutin. Contohnya menbersihkan lingkungan dan menata adminitrasi desa,” saran Rupinus.

Rupinus meminta agar masyarakat Desa Selalong secara terus menerus meningkatkan pertanian.

“Karena setahu saya, warga Desa Selalong bercocok tanam di lahan sawah dan tidak lagi berladang berpindah-pindah.Hal ini sangat mengembirakan karena lahan sawah adalah penopang bidang pertanian di Kabupaten Sekadau,” kata Bupati.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga meresmikan kantor Desa
Selalong yang dibangun tahun anggaran 2017 lalu.

Usai meresmikan kantor desa, bupati langsung meninjau ruangan kerja perangkat desa.

“Dengan telah ditempatinya kantor baru ini, sebagai pusat pelayanan pemerintahan desa kepada masyarakat, tentunya pelayanan kepada masyarakat lebih ditingkatkan lagi,” ingat bupati.

Sementara Jelani, selaku Kepala Desa Selalong kepada sejumlah awak media mengatakan, Desa Selalong adalah hasil pemekaran dari Desa Sungai Ringin tahun 2013 yang lalu.

“Jadi efektifnya pemerintah Desa Selalong baru tiga tahun. Sedangkan kantornya baru dibangun tahun lalu,” katanya.

Ditanya apa saja yang dinilai dalam lomba tersebut, Jelani mengaku, penilaian tentang admintrasi kantor, tanaman pendukung, kegiatan PKK, adanya rumah sehat, Posyandu, sarana pendidikan seperti PAUD dan kebersihan lingkungan.

“Dengan kantor baru baru ini, tentu akan menjadi motivasi bagi perangkat desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” janjinya.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh kepala OPD, Forkompimda, camat, kepala desa sekecamatan Sekadau Hilir dan undangan lainnya. (tjo)