Dinas Pertanian Kapuas Terima Kunjungan Anggota Dewan HST

oleh
Kadis Pertanian Kapuas, Anjono Bhakti, saat menerima kunjungan anggota DPRD HST. Foto : Istimewa

KUALA KAPUAS – Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas kembali mendapatkan kunjungan anggota dewan dari daerah provinsi tetangga Kalimantan Selatan. Kali ini anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala Dinas Pertanian Kapuas, Anjono Bhakti mengatakan, kedatangan anggota dewan HST ke kantornya belum lama tadi dalam rangka untuk belajar dan sharing tentang pertanian.

“Mereka datang untuk belajar dan bertukar pikiran tentang pertanian karena melihat keberhasilan-keberhasilan kita selama ini dalam mengembangkan tanaman padi sehingga Kabupaten Kapuas menjadi lumbung pangannya Kalimantan Tengah,” katanya di Kuala Kapuas, Sabtu (17/03/18).

Menurut Anjono, keberhasilan sektor pertanian di Kabupaten Kapuas tentunya tidak lepas dari dukungan Pemerintah Pusat melalui kucuran Dana Alokasi Khusus.

“DAK kita selalu yang terbesar di Kalimantan Tengah diberikan oleh pemerintah pusat. Tahun ini DAK kita Rp 6,1miliar, kalau di daerah lain paling banter cuma Rp 3 miliar,” ujarnya.

Dana alokasi khusus digunakan Dinas Pertanian Kapuas untuk memfasilitasi prasarana pertanian diantaranya seperti irigasi, pembuatan pintu air, embung, sumur bor dan jalan usaha tani.

“Tahun ini DAK Rp 6,1 miliar itu dilakukan untuk swakelola, dimana bentuknya padat karya menggunakan tenaga kerja masyarakat setempat, supaya dapat menggerakan ekonomi yang ada di sana, dan untuk pengawasannya semua bisa mengawasi,” katanya.

Selain anggota DPRD dari HST, sebelumnya Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas juga menerima kunjungan anggota DPRD dari Kabupaten Balangan dan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Anggota dewan dari Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tanah Bumbu bahkan sudah dua kali datang ke tempat kita untuk belajar tentang pertanian di sini (Kabupaten Kapuas),” terang Anjono Bhakti. (irs)