Budayakan Gemar Membaca di Daerah Pesisir, Ini yang Dilakukan Disarpustaka Kapuas Bersama Sat Polair

oleh
Petugas Sat Polair bersama dengan anak-anak di daerah pesisir Kabupaten Kapuas. Foto : Irs

KUALA KAPUAS – Berbagai terobosan terus dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas dalam upaya menggalakan budaya gemar membaca di daerah setempat.

Salah satu terobosan yang dilakukan, adalah bekerjasama dengan Sat Polair Polres Kapuas melaksanakan program pondok baca melek huruf untuk daerah pesisir di Kabupaten Kapuas.

“Melalui program ini sekarang sudah terbangun empat unit pondok baca seperti di Desa Palangkau Lama, Desa Palangkau Baru, Desa Lupak dan Desa Terusan Raya. Ini merupakan advokasi kita dengan Sat Polair,” kata Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Hj Nor Afiati, di Kuala Kapuas, Sabtu (17/03/18)

Tahun 2018 ini, lanjut Nor Afiati, akan dibangun satu lagi pondok baca daerah pesisir di Desa Mambulau, dimana tanahnya milik pemerintah daerah, bahan bangunannya dari Sat Polair dan yang membangun dari swadaya masyarakat desa itu sendiri.

“Saya pilih Desa Mambulau karena desa ini memiliki program untuk membangun seperti pasar terapung, sehingga dapat menarik kunjungan wisata dan dapat menghasilkan pendapatan untuk desanya,” katanya.

“Nah, Disarpustaka sendiri nanti akan membantu untuk peminjaman buku dan bekerjasama dalam promosi gemar membaca,” tambah Nor Afiati. (irs)