Meneladani Akhlak di Momen Maulid Nabi Muhammad SAW

oleh

PONTIANAK – Momen Maulid Nabi Muhammad SAW, para santri harus meneladani akhlak yang diajarkan Rasulullah untuk bergandengan tangan dengan seluruh umat manusia dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Karena nilai persatuan sudah diajarkan oleh baginda Rasulullah, sehingga sebagai umat Islam patut di contoh untuk kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” ujar Ketua MUI Kota Pontianak, Ustad jalaludin saat memberikan kultum maulid nabi di Pondok Pesantren Ar-Rahim, Jumat malam, 30 Oktober 2020.

Dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, para santri dapat mengambil hikmah untuk meningkatkan iman dan taqwa dalam setiap langkah kehidupan yang religius.

“Tidak hanya dalam bermasyarakat, para santri harus meneladani figur Baginda Rasullulah yang selalu menjaga keamanan, ketertiban di masyarakat. Sehingga tidak terjadi perpecahan yang menimbulkan bencana di masyarakat,” tegasnya.

Selain itu juga, di era moderenisasi saat ini isu hoaks marak di media social, sehingga dengan mencontoh akhlak Rasulullah, sudah pasti hoaks yang menebarkan kebohongan dapat di tangkal.

“Sementara dalam menjaga kamtibmas, selain menerapkan nilai agama, para santri juga harus menanamkan nilai ideologi Pancasila,” ujar Iptu Otong Karno, selaku Anggota Polresta Pontianak Kota yang turut hadir di dalam acara tersebut.

Oleh karena itu, dalam bermasyarakat dan bernegara, nilai agama dan nilai Pancasila sudah sejalan, lantaran perumusan Pancasila sendiri dilakukan oleh ahli agama. (***)