Cornelis Ajak Petani Pertahankan Padi Lokal Palawakng Khas Landak

oleh
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Cornelis, MH. Foto : Istimewa

LANDAK – Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Drs. Cornelis, MH tidak henti-hentinya untuk memotivasi para petani untuk terus menanam tanaman pangan seperti padi, jagung atau pun tanaman pangan lainnya.

Pada kunjungan kerja perorangan di dapilnya Drs. Cornelis, MH yang didampingi istrinya Federika Cornelis, S.Pd mengajak para petani khususnya anggota Kelompok Tani Coba Maju Dusun Bebehan, Desa Sidas, Kecamatan Sengah Temila tanam padi varietas lokal palawakng di ladang, Minggu (06/09/2020).

Drs. Cornelis, MH menyampaikan kepada para awak media Bahwa dengan menanam padi lokal varietas palawakng ini bertujuan untuk mempertahankan varietas padi lokal palawakng, yang memang varietas padi lokal asal Kabupaten Landak.

“Saya mengajak para petani khususnya Anggota Kelompok Tani Coba Maju untuk menanam padi lokal varietas palawakng demi mempertahankan padi lokal varietas palawakng tersebut, yang memang varietas padi lokal asal Kabupaten Landak,” Jelas Cornelis.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Landak untuk terus membudidayakan atau menanam padi lokal varietas palawakng untuk mempertahankan kelestarian plasma nutfah.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Landak untuk terus mempertahankan kelestarian padi lokal varietas palawakng yang telah lama kita miliki selama ini. Selain itu plasma nutfah merupakan kakayaan masyarakat yang perlu dilestarikan secara optimal, meskipun pada saat ini banyak varietas padi unggul lahan kering (Ladang) yang telah di kembangkan oleh pemerintah,” ucapnya.

Cornelis juga mengatakan selain menanam padi lokal varietas palawakng, di lokasi yang sama juga menanam tanaman pangan seperti jagung serta menanam tanaman sayuran seperti sawi kampung, bayam kampung, Labu kuning dan tanaman sayuran.

“Dengan kita menanam bermacam tanaman pangan, maupun tanaman sayuran, secara tidak langsung kita telah menjaga ketahanan pangan, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun ketahanan pangan daerah tersebut,” tutup Cornelis. (***)