Bupati Landak Panen Jagung di Desa Pawis

oleh

LANDAK – Bupati Landak bersama Credit Union (CU) Pancur Kasih melakukan panen perdana jagung di Desa Pawis Hilir Kecamatan Jelimpo, pada Selasa (18/08/20) lalu dengan didampingi Kadis Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP)Kabupaten Landak, Camat Jelimpo dan Kades Pawis Hilir.

Panen raya demplot perkebunan jagung di desa Pawis Hilir ini merupakan hasil dari bibit yang diserahkan oleh Bupati Landak beberapa bulan lalu sebanyak 15 ton dan telah didistribusikan oleh pihak CU Pancur Kasih pada wilayah pelayanannya di Kabupaten Landak.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampaikan kepada masyarakat agar bisa mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan yang ada. Salah satunya jagung ini agar tidak terpaku menanam pada satu jenis tanaman saja seperti padi, tetapi juga mau menanam jenis tanaman pangan lainnya selain padi.

“Ibu Bupati suruh nanam jagung bukannya ibu mau minta, tapi supaya Bapak ibu bisa ada tambahan. Kenapa pemerintah harus bolak balik suruh ? Karena negara takut kita kelaparan, kalau situasi tidak bagus apalagi karena COVID-19 maka paling tidak jangan sampai masyarakat kita tidak makan. Untuk itu, pemerintah juga meminta masyarakat menanam tanaman selain padi, seperti jagung ini,” kata Karolin.

Bupati Landak sangat mendukung langkah yang dilakukan oleh CU Pancur Kasih untuk membantu pemerintah memberdayakan ekonomi kerakyatan guna meningkatkan dan mendukung sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Landak.

“Saya senang sekali dari CU Pancur Kasih punya semangat yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Landak untuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Saya pengen kita berkembang, jangan begini begini aja, makanya kita bersyukur CU mau terlibat di Pawis ini, maksimalkan kalau bisa jangan hanya jagung, ¬†padinya juga harus didampingi,” papar Karolin.

Sementara itu Sekretaris Pengurus CU pancur Kasih Pdt. Sucipto dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi pemerintah kabupaten Landak yang telah mendukung terselenggaranya program ekonomi kerakyatan ini.

“Kegiatan ini terselenggara karena adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten Landak, dalam hal ini ibu Bupati yang secara langsung menyerahkan bantuan bibit sebanyak 15 ton dan telah kami distribusikan kepada tempat-tempat pelayanan CU Pancur Kasih yamg ada di Kabupaten Landak,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa tujuan utama dari semua kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat agar semakin produktif dan terapainya kesejahteraan rakyat.

“Tujuan dari CU Pancur Kasih adalah agar masyarakat mulai memperhatikan bagaimana caranya meningkatkan perekonomian. Kita harus semakin bekerja dan semakin produktif agar kita dapat melaksanakan kehidupan dengan lebih baik mencapai keaejahteraan pada waktunya,” tukasnya. (**)