Masalah Kesehatan Ini Mempengaruhi Masyarakat di Seluruh Dunia

oleh
Ilustrasi seseorang sedang sakit. Foto : shutterstock

AKCAYANEWS.COM – Tidak ada hal yang lebih penting dan berharga daripada kesehatan. Makan yang baik, berolahraga dan tidur cukup adalah kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bahagia.

Namun sayangnya, banyak dari kita yang masih mengabaikan itu semua hingga akhirnya dapat menyebabkan penyakit.

Dilansir dari laman Suara.com yang mengutip The Health Site, berikut beberapa masalah kesehatan umum yang paling banyak memengaruhi populasi di seluruh dunia.

1. Kegemukan dan obesitas

Mempertahankan berat badan yang sehat adalah hal wajib. Sebab, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan peluang terkena penyakit hipertensi, diabetes tipe 2, penyakit jantung koroner, masalah pernapasan, dan kanker.

2. Merokok

Merokok dianggap sebagai salah satu penyebab utama kematian dini. Perilaku ini dapat merusak hampir setiap organ dalam tubuh.

Rokok dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, stroke, penyakit paru-paru, diabetes dan penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

3. HIV/AIDS

HIV adalah kondisi seumur hidup dan saat ini tidak ada obatnya. HIV merupakan virus yang merusak sistem kekebalan tubuh.

HIV yang tidak diobati dapat berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS, di mana sistem kekebalan menjadi terlalu lemah untuk melawan penyakit dan infeksi lainnya.

Virus ini ditularkan dalam cairan tubuh yang meliputi darah, air mani, cairan vagina, dubur dan ASI. Kasus AIDS meningkat di kalangan manula di atas usia 50 karena mereka tidak mungkin menggunakan kondom dan memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah.

4. Kesehatan mental

Penyakit mental masih diremehkan oleh banyak orang. Masalah yang diakibatkan oleh penyakit mental tidak banyak diperhatikan seperti masalah kesehatan lainnya.

Depresi adalah gangguan mental yang umum dan dikatakan bahwa lebih dari 264 juta orang dari segala usia menderita kondisi ini.

Depresi juga merupakan kondisi paling umum dan jika tidak ditangani, dapat menyebakan bunuh diri.